Ini Dia: Blogger Medan Community!

MEDAN – Sabtu 22 September 2012. Hari ini tampaknya akan menjadi catatan penting sekelompok orang yang memutuskan mendeklarasikan satu komunitas baru di Kota Medan: Blogger Medan Community. Komunitas ini merupakan perkumpulan orang-orang yang hobi ngeblog di dunia maya.

Deklarasi dilakukan pada kopi darat oleh sebagian kecil anggota grup facebook Blogger Medan Community di Omerta Shop di Jalan Wahid Hasyim Medan. Berhubung banyak anggota yang berhalangan hadir, sembilan orang memutuskan untuk mendeklarasikan komunitas ini.

Jumlah orang yang hanya segelintir ternyata tidak menjadi masalah. Pasalnya, semangat untuk membuat banyak hal positif ternyata sangat menggebu-gebu dalam diri mereka.

“Pembentukan komunitas Blogger Medan Community berawal dari adanya keinginan untuk menyatukan blogger di Medan yang ternyata jumlahnya tidak sedikit,” kata Tonggo Simangunsong, blogger yang suka menuliskan soal travelling, budaya, dan musik di blognya.

Setelah berdiskusi dengan rekan yang sepemahaman, awal April lalu, Tonggo membuat group BMC di jejaring sosial facebook. Awalnya hanya kawan-kawan dekat saja yang bergabung. Lama-lama, semakin banyak yang meminta bergabung. Angka terakhir malah sudah menembus sebanyak 167 anggota.

Nah, di grup ini lah komunikasi sesama blogger dimulai. Interaksi seputar aktivitas blog mulai ramai.

“Awalnya masih ragu untuk mengadakan kopi darat, melihat usia komunitas online-nya masih seumur jagung. Tapi seiring waktu berjalan, ada beberapa anggota yang mengusulkan kopi darat. Akhirnya diusulkan di grup. Ternyata banyak yang antusias. Maka jadilah kopi darat ini,” kata Tonggo lagi.

Melihat respon positif dari para anggota, diputuskan untuk atau kopi darat. Omerta Shop yang memiliki kafe kecil dipilih menjadi tempat kopi darat pertama. Bukan tanpa alasan memilih tempat ini. Selain karena pengelolanya juga adalah anggota komunitas ini, kafe kecil Omerta juga cukup nyaman menjadi tempat berdiskusi.

Pertemuan Sabtu malam itu sendiri berlangsung seru. Dimulai dari berkenalan – karena banyak anggota yang belum saling kenal – pembicaraan lalu berlanjut pada pendeklarasian Blogger Medan Community. Latar belakang mereka juga berbeda-beda, ada reporter, editor, staf finansial, pengusaha kafe, mahasiswa, dan public relation hotel.

Lalu dipilihlah pengurus pengurus tetap BMC. Tonggo Simangunsong menjadi Creative Director, Wan Ulfa Zuhra (Divisi Public Affair), Yoga Aizendra Musika (Sosial Media), Boby Hermawan (Divisi Visual Design), Meddy Irawan (Karikatur/Web/IT), Eka Rina (Keuangan), Eka Rehulina (Blog Editorial), dan Gledy Simanjuntak (Membership).

Tak lupa, rencana agenda kegiatan juga sudah disusun. Di antaranya, pelaksanaan kontes review, workshop blog, dan ide-ide tentang bagaimana blog bisa menjadi media branding dan promotion, selain sebagai media personal tentunya.

“Melalui media komunitas ini diharapkan aktivitas blog dapat memberi manfaat positif bagi setiap blogger di Medan. Selain itu, tentunya orang semakin terbiasa memanfaatkan Internet dengan tujuan yang benar,” kata Tonggo.

Bagaimana cara bergabung dengan BMC? Tak payah. Cukup memiliki blog dengan konten apa saja, bisa tulisan, foto, visual design, karikatur, musik, dan lain-lain, asalkan tidak mengandung unsur politik dan SARA. Jika Anda sudah memilikinya, tinggal bergabung saja di grup Facebook Blogger Medan Community

2 thoughts on “Ini Dia: Blogger Medan Community!

  1. Reblogged this on Ecchan's Chamber and commented:
    telah lahir komunitas blog baru.. selamat ya temen2 di Medan ^^ semoga apa yang dirancang dan direncanakan bisa terwujud dengan baik.. plus kompak.. jangan anget2 tai ayam, yes?😛

    trus ini TPC gimana TPC.. udah mau ultah kan?? hehehe~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s