tunic

.. How To Wear Tunic? ..

Apakah kalian pernah mengenakan pakaian berjenis tunik? Atau jangan-jangan Anda tidak tahu apa itu tunik? Hmm.. Baiklah, biar aku jelaskan secara singkat.

Tunik atau tunika adalah jenis pakaian yang memiliki panjang rata-rata mencapai pinggul bahkan lutut. Tunika umumnya dipakai laki-laki dan perempuan zaman Roma kuno dimana bahannya berasal dari Yunani. Di Yunani kuno, garis tepi tunik dihias sebagai penanda kota atau negara mana ia tinggal. Tidak hanya itu, bentuk dan cara pemakaian tunika juga menentukan tingkat dan golongan si pemakai.

Tunik yang sederhana dengan hiasan kancing pada  leher dan pinggang dipakai oleh golongan menengah pada abad ke-6 s.d ke-5 SM di Bizentium. Abad ke-5 SM s.d abad ke-1 sesudah masehi di Roma ada tunik permata. Perkembangannya sampai abad ke-5 sesudah masehi panjangnya sampai pertengahan betis.

Tunika juga umumnya berwarna cerah dengan, memiliki motif menarik, seperti ukiran tentara Romawi. Namun seiring perkembangan fashion, motif tunika mengalami perkembangan. Bahkan saat ini, sejak masuknya agama Islam ke Aceh maka terbawa pula setelan celana dengan tunik yang datang dari Pakistan yang sering disebut dengan baju kurung.

Ini dia beberapa panduan memakai tunika untuk variasi acara

(All pictures courtesy of net-a-porter.com)

 

Awalnya aku bukan penggemar tunika, tetapi setelah melihat padu padan net-a-porter, aku jadi benar-benar jatuh cinta dengan tunika. Semoga kamu juga jatuh cinta sama seperti aku.

Ledy Simanjuntak

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s