.. 13 Item dalam Persiapan Pesta Pernikahan ..

Hi Readers,

Sejak aku memberanikan diri merintis wedding organizer-ku sendiri, Glad’s Wedding Org, selayaknya aku membahas apa saja item-item pernikahan yang akan menjadi bagian dari wedding serviceku. Seringkali calon pengantin tidak tahu apa saja yang musti ia urus, sehingga banyak sekali detail pernikahan yang luput dari perhatian. Semoga membantu.

1. Gedung / Tempat Pernikahan

Perhatikan KAPASITAS gedung, ruang parkir, ketinggian plafon, berapa lantai, ketersediaan karpet, dan keadaan panggung. 2 tipe gedung pernikahan juga harus diperhatikan : Indoor dan Outdoor.

Indoor Wedding Party

outdoor wedding party

Panggung

2. Katering / Makanan

Ada beberapa jenis penyajian makanan di acara pernikahan : Prasmanan, Buffet, Nasi Kotak, dan round table.

Round Table

Main Course Buffet

Nasi kotak lengkap

Snack Buffet

3. Pakaian / Wardrobe Pengantin

Bila ingin sesuai dengan keinginan calon pengantin, sebaiknya pakaian pengantin dijahit. Sementara itu, bila ingin lebih mudah, jasa penyewaan pakaian pernikahan juga bisa dipakai.

Pakaian pernikahan sendiri terbagi menjadi 2 hal : Pakaian Pengantin Adat seperti kebaya, songket, dll dan Pakaian Pengantin Nasional seperti gaun atau slayer, dan jas.

Kebaya Pengantin

Gaun Pengantin

Pakaian Tradisional Pengantin Pria


Jas Nasional Pengantin Pria

4. Dekorasi Pernikahan

Dekorasi sangat penting dalam memainkan perananĀ  karakter calon pengantin. Selain itu dekorasi meliputi banyak hal seperti dekorasi tempat pemberkatan atau akad nikah seperti gereja, mesjid atau tempat ibadah lainnya, dekorasi gedung resepsi, dekorasi rumah pengantin, kamar pengantin, meja dan kursi, umbul-umbul, dan tirai.

Biasanya dekorator sudah menyediakan berbagai keperluan calon pengantin juga seperti bunga tangan calon pengantin wanita, bunga kantong calon pengantin pria, bunga untuk flower girl, bunga untuk hiasan rambut atau sanggul, dan bunga untuk mobil pernikahan.

Dekorasi Gereja

Wedding Pew Decoration

Dekorasi Akad Nikah

Pelengkap Dekorasi

Wedding Car

Wedding Bouquet

Bouquet Flower Girl

Flower Girl Basket

Flower Groom

Bunga Sanggul Modern

Sanggul Pengantin Tradisional

Kamar Pengantin

 

Dekorasi dengan Tirai
Wedding chair decoration
Wedding Table Decoration
Dekorasi Panggung Pernikahan

5. Undangan Pernikahan

Udnangan pernikahan adalah hal yang paling krusial, karena menyangkut jumlah undangan yang berdampak pada kapasitas gedung dan jumlah makanan. Jangan sampai membuat undangan yang melebihi kapasitas gedung dan jumlah makanan. Selalu pertimbangkan 1 undangan membawa lebih dari 2 orang. Misalnya jumlah undangan 250 undangan, berarti kemungkinan tamu yang datang mencapai 500 ratus orang dengan asumsi tiap undangan membawa 2 orang.

Selain jumlah, pemilihan desain undangan juga menjadi salah satu hal yang paling memakan waktu. Terlebih bila ada dua undangan berbeda yakni undangan adat dan undangan resepsi. Dilihat dari bahan undangan, undangan pernikahan dibagi menjadi 2 yakni soft cover dan hard cover.

Undangan Pernikahan Adat Batak

 

Soft Cover Wedding Card
Hard Cover Wedding Invitation

Others wedding items to be continued, guys.. Stay tune..

Ledy Simanjuntak

About these ads

15 thoughts on “.. 13 Item dalam Persiapan Pesta Pernikahan ..

  1. Congrat ya Ledy buat wedding org’nya.
    2 jempol buat Ledy yg udah berani ambil keputusan itu :-)
    aku juga banyak terbantu kok waktu mau merid di Medan thn lalu.
    banyak referensi dari blognya Ledy, diantaranya: vendor foto+video, make up & hair do :-)

    Good luck ya Led.
    God always be with you and fam.

    cheers,
    Lidya Fitri Anata Manik-Roesly Hutagaol

    • Sama-sama kak.. Semoga bisa juga membantu couple to be yang nikah di Medan tapi gak familiar dengan vendor2 di Medan.. Kalo ada temen atau saudara yang mau nikah di Medan, rekomendasikan aku aja ya kak.. Let me help them..

      Gbu kak

  2. Salam kenal kak ledy :)
    Acungin jempol deh buat blog nya kk.
    Apalagi info untuk wedding preparation nya, sangat membantu banget buatku yg jg lg persiapan.
    Ditunggu ya kak sisa item2 yang blon dimasukkin di artikel ini.
    Sukses selalu, God bless.

  3. Makasi Alin.. Sisa itemnya tinggal dilengkapi aja sebelum dipublish.. Mau nikah dimana? Sukses persiapannya ya.. GBU

    • Dear sis ledy,
      Nikahanya di Kisaran, tapi martumpol nya di Medan.
      Kebantu banget deh dengan adanya artikel dr blog ini, jd bisa buat list to do sendiri nih.
      Minggu depan mau ke medan, nyari2 gedung dan catering utk martumpol, juga salon, dokumentasi, cetak undangan dan souvenir. kl bisa skalian pesan cincin.
      Bdw, info donk kak dimana beli bahan kebayanya? juga cetak undangan dan pesan cincin dmana?
      Makasih banget ya kak, salam.

  4. kak ledy, WO nya bs buat WO adat batak kan ya???? klo mau ngadain pesta di Medan bs jd WO ku kah kak?? trims :-)

    • Wina darling, thanks ya udah komen di blogku ini.. Kapan kamu rencananya nikah? Apa aja yang kira2 bisa aku bantu nih.. Let me know the detail ya.. Sebenernya aku udah kerja kantoran skrg jadi ga jalanin WO untuk sementara tapi aku akan tetep bantu untuk dukung referensi pernikahanmu di medan.. Aku kenal beberapa vendor soalnya.. Thanks ya

  5. hai.kak ledy..
    bagus banget ya blognya… saya rencana nya mau nikah bulan 2 tahun 2011. martupol rencana kita di medan dan pestanya di sibolga krn calonku org situ.. thx banget yah atas masukannya..Dan juga saya mau nanya2 ne, kira2 sewaktu persiapan catering+salon+bunga+dekorasi+softenir+jahitan pakaian kira2 kena berapa yah? apakah harus serba mahal biar kelihatan mewah, dan orang2 takjub melihatnya?? krn seperti yang saya baca kak ledy tidak terlalu mempermasalahkan biaya, klo di MEdan, tetapi klo liat sewa tempat yg di JKt, lumayan juga yah.. mohon masukan nya ya..

    • Hai nancy,
      tentu biaya jadi point besar dalam menentukan segala sesuatunya. Yang paling makan biaya besar sudah pasi catering. Mahal tidaknya catering tergantung brp banyak undangan kita. Selalu kalikan dua jumlah undangan kita, misalya undangan kita 200, brarti yang datang estimasinya 400 org krn 200 undangan bisa 2 orang minimal. Trus makanannya mau spt apa. Biasanya hitungan kasar catering atau undangan untuk 1000 org itu 30 juta. Bisa kurang dari itu.

      Kalo salon untuk merit yg bagus itu start 1 juta, tp ada juga salon yang buka harga dari 500ribu sudah dengan bunga sanggul.

      Dekorasi mulai dari 1 juta – 50 juta pun ada. Kalo mau konsep sederhana, 1,5juta pun bisa. Udah semuanya termasuk bunga sanggul,bunga kantong, dll. Tapi untuk bunga dekorasi gedung pake bunga palsu.

      Souvenir mulai dari 250 ribu-500 ribu untuk 300 pcs.. Bisa dapat yg lebih murah kok. Biasanya souvenir harganya mulai 500 rupiah.

      Untuk jahit kebaya nikah ada yang mulai dari 750ribu sampe 10 juta. Kebaya meritku 1,5 juta udah ok menurutku. Yg penting pinter cari tukang jahitnya.

      Mudah2an bisa segera itung2 budget ya nancy.. Semoga membantu..

    • Budget untuk make up martumpol dan merit di mana nih say? Kalo di medan, martumpol 100ribu-200 ribu, sedangkan untuk merit mulai dari 1 juta – 4 juta.

  6. wah..thx ya kak, atas reply nya.. sungguh sangat membantu. tinggal hitung2 budget aja neh, dan mencicil bahan2 itu sblm hari H itu datang.. thx a lot

  7. HI Ka Ledi, mau nanya neh, Tukang jahit baju dan tempat penjualan Kain kebaya yang bagus di Medan dimana yah alamatnya ( tp harga jangan mahal2) :) saya mau merid bulan November ini.

  8. ledy,aq ada rencana nikah bulan 10 ini, bagusnya nyiapin apa yah dari sekarang, plis minta list dan step mana yg aku dahului, aku nikah dibatam. mksh led.

  9. Suka bnget blogx kak. Td smpat buka2 google eh liat blog kak. Trnyata bnyak pic info menarik. Yahh sekalian cari referensi tuk taun depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s