.. Sulit Hamil ? Bisa jadi kena PCO ..

Hello Semuanya,

Pada postingan kali ini aku agak lebih serius nih. Aku ingin membahas sesuatu yang berbeda dari sebelumnya karena berkaitan dengan kesehatan dan reproduksiku sendiri. Sudah 1 tahun aku  menikah dan belum dikaruniai anak. Pada bulan Oktober 2010, aku berobat ke dokter Binarwan Halim di jalan Pandu, Medan dan dia bilang sel telurku kecil-kecil atau bahasa kerennya PCO alias Policystic Ovary syndrom. Selain itu, sewatu aku di papsmear, dokter minta aku tes deteksi gejala HPV atau Human papillomavirus.

Kebetulan aku tidak ingin puas  hanya dengan 1 dokter saja. Aku berencana mendapatkan diagnosa dokter lain. Kalo memang sama, aku akan langsung treatment. Nah, kali ini untuk membuka wawasan para wanita yang sudah menikah namun belum memiliki anak, siapa tahu kalian terkena gangguan PCO. Deteksi lebih dini lebih bagus.

PCO (Polycystic Ovary Syndrom) adalah gangguan endokrin atau indung telur yang terjadi pada 5-10 persen perempuan usia reproduksi yang mengakibatkan ketidaksuburan. Folikel-folikel pada indung telur ini menumpuk dan berkembang tidak sempurna. Wanita yang mengalami PCO tetap bisa punya anak. Namun, Pada jangka panjang, jika gangguan ini tidak diobati, dapat membahayakan karena meningkatkan resiko terjadinya kanker endometrium, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Penyebab PCO sangat bervariasi seperti genetik, obesitas, anovulasi yang menyebabkan tidak lancarnya haid, jerawat, jumlah hormon androgen (maskulin) yang terlalu tinggi sehingga tumbuh rambut berlebihan. Selain itu diabetes dan resistensi insulin juga menjadikemungkinan besar penderita PCO.

Indung telur adalah sepasang organ reproduksi di dalam tubuh perempuan yang bertanggung jawab terhadap kesuburan dan reproduksi. Sejak waktu kelahiran, indung telur mengandung 200.000 sel telur.Indung telur juga bertanggung jawab untuk memproduksi hormon progesteron dan estrogen, hormon ini memainkan peran kunci dalam hal penebalan dinding rahim selama implantasi (penempelan) janin.

Masalahnya wanita penderita PCO akan mengalami gangguan:
– hormon ovarium yang tidak normal sehingga indung telur tidak melepaskan setiap bulan yang akhirnya mengkibatkan androgen
– Hormon androgen menjadi lebih tinggi sehingga timbul jerawat dan rambut berlebihan
– Akhirnya kadar insulin dan gula darah meningkat

Rata penderita PCO terjadi pada masa remaja yang baru mendapat haid. Dengan cepat berat badan akan meningkat.

Gejala umum:
– haid yang tidak teratur
– tidak subur
– Hirsutisme : tumbuhnya rambut-rambut berlebihan (hiperandrogenisme), jerawat atau hypermenorrea

Cara penyembuhan Penderita PCO:
1. Mengurangi tingkat insulin dalam tubuh
2. Pemulihan kesuburan dan pemicu ovulasi
3. Pengobatan hirsutisme (rambut berlebihan) dan jerawat
4. Pemulihan siklus menstruasi

Untuk subjek PCO dianjurkan dokter untuk :
1. Diet terutama diet karbohidrat
2. Olahraga
3. Makan makanan bergizi dan berserat seperti sayur dan buah, kalo bisa makan oatmeal
4. Hindari makanan berlemak

Obat (atas resep dokter) :
1. Glokopage yaitu obat diabetes pengendali gula

2. Serophene yaitu obat

3. Profertil yaitu obat penyubur

4. Metformin yaitu obat pengurang kadar insulin

5. Thiazolidinedione atau glitazones yaitu obat pengurang kadar insulin

6. Injeksi Follicle-stimulating hormonele (FSH) dan In Vitro Fertilisation (IVF) bagi wanita yang kelebihan berat badan untuk membantu kesuburan.

7. Pil kontrasepsi yang mengandung cyproterone acetate yaitu untuk mengurangi kelebihan hormon androgen testosteron atau hirsutisme. Cyproterone acetate adalah hormon progesteron dengan kandungan anti-androgen yang dapat menghambat perkembangan hormon laki-laki yang dapat memicu tumbuhnya rambut atau bulu pada wanita dan jerawat.

8. Eflornithine (Vaniqa) yaitu obat berupa krim yang dapat langsung dioleskan pada tempat yang berbulu dan dapat menghalangi pertumbuhan bulu berlebihan pada wanita.

Lebih baik pada masa remaja sudah diperiksa PCO ke dokter sehingga tidak mengakibatkan sulit hamil atau penyakit lainnya, terutama dengan gejala :
– Belum mendapat haid hingga usia 14 tahun
– Terdapat pertumbuhan rambut di dada, punggung, dan dada (hirsutisme)
– Haid kurang dari 8 kali dalam setahun
– Siklus haid kurang dari 21 hari atau lebih dari 45 hari

– Terdapat gejala diabetes seperti gampang haus dan buang air kecil terutama malam hari, rasa lapar meningkat, penurunan berat badan secara mendadak.

Sedangkan wanita masa reproduksi diharapkan konsultasi ke dokter bila terdapat gejala:
– Haid teratur tetapi belum hamil selama 1 tahun
– Siklus haid kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari
– Pendarahan pervagina selama 8 hari
– Terdapat gejala diabetes
– Depresi dan gangguan emosi
– Kenaikan berat badan bagian atas dimana lemak abdomen lebih banyak dibandingkan lemak pinggul atau dikenal dengan obesitas android yang berkaitan dengan peningkatan kadar hormon seksual pria (testosteron).

Kata dokter Binarwan, berat badanku tidak boleh lebih lagi. Aku juga disuruh diet. Okey then, Semoga artikel ini membantu para mommy-to-be ya.. Wish me luck too in my treatment.

Ledy Simanjuntak

9 thoughts on “.. Sulit Hamil ? Bisa jadi kena PCO ..

  1. salam kenal….
    aku sdh 3,5 tahun menikah, sdh 7 dokter spesialis kujalani, ke 7 dokter ini diagnosanya sama yaitu kista ovarium, pengobatan kista tidak ada hasil aku ke dr.Binarwan, dokter ini mengatakan aku menderita PCO dan kista endometrium…. nah loh 7 lawan 1….. tp aku lbh pecaya dgn dr.Binarwan.
    trz skrg gmn kelanjutan perobatan mbak? sdh ada hasilkah?
    GBu

  2. Aku sudah 1tahun menikah ,, tepatnya pada tanggal 13 mei 2011 lalu happy wedding .., aku mengalami gangguan yaitu kurang teraturnya menstruasi tapi aku pernah cek kedokter katanya kurang hormon ,, selain itu aku berupaya ingin konsul kedokter bersama suamiku tercintaa .. supaya tahu sebenarnya masalah apa yang sedang kami alami .
    semoga saja tidak serius karna harapanku ditahun ini aku sudah memiliki seoarang buah hati .
    aku juga tak lupa berdoa sama yang kuasa agar diberi kemudahan untuk memiliki seorang anak ,agar aku memiliki keluarga yang lengkap . amien

  3. Aku sdh 8 thn menikah sdh punya anak 1 umurnya 7 thn.aku pernah ke dokter janiansen purba,teryt aku punya kasus kelebihan hormon progesteron,muka ku jerawatanya dasyat banget sampe aku emosi sendiri kalo lagi ngaca.dokter juga mendiaknosa kalo aku mengalami endrometreosis.padahal aku gak gemuk2 amat 54 kg, tp aku tetep disuruh diet. aku heran kenapa baru sekarang aku mengalami ini..dan menurut dokter itu bisa terjadi karena proses diotak kecil tidak mampu mengolah alias stress kali ye…aku minta saran untuk Ledy tentang obat yg ada diartikelmu itu…Tks

  4. aku dh menikah slama 3 taon tp smp skarang aku blm di ksh keturunan kmrn aku coba ke dktr spesialis kandungan ktanya aku krng hormon itu yg menyebabkan aku sulit toek hamil……tks

  5. Ƭнåйк ŷ☺ύ . Ɣªªª atas bahasa Ωγɑ̤̥̈̊ .
    Sm mbak ªķΰ jg terkena pco, gejala ήчåª dr remaja waktu smp ∂αη ªķΰ gk pernah berobat ke dokter sampai ªƘΰ menikah umur 23.
    Awal ήчåª ketika ªķΰ sdh 6 bln nikah, ªķΰ ke dokter trz ªķΰ blg haid ªķΰ gk dtg sering telat, dokter cm memberi beri obat cylo-progynova,
    Stlh habis obat y sekitar 1 mggu haid y dtg.
    Bln berikut ήчa ªķΰ ∂ī kze obat ƴƍ sm lagi.
    ∂αη stlh bln berikutnya ªķΰ gk ke dokter,
    ªķΰ gk kedokter men y gk dtg. Apa Mgkn ketergantungan obt baru men sy akan dtg.
    ∂αη ªķΰ berenti kedokter cb minum ramuan herbal obat cina. Gk ada perkembangan tuk haid y ♏ά​ƾĭƗƗ ttp kacau kdg gk tiap bln dtg,
    Stlh 1 thn sy pergi ke dokter laen. Ke dokter ke2 jg gk ɑ̈ϑɑ̈ hasil malah sy ∂ī srh fisioterapi sampai 10hr, bln berikut ήчåª haid sy jg gk tepat wktu, lalu sy pergi kedokter laen,, lalu q blg haid saya kacau tiap bln Tiϑάќ dtg tepat waktu kdg smpe 3bln br dtg ∂αη terkadang lebih.
    lalu dokter menyarankan saya periksa ke laboratorium ǚήƭûќ periksa hormon. ∂αη hasil ya. LH 14.29, FSH 4.60, prolactin. 12.00, progesteron.o,33. estradiol. 94.00.
    stlh meliat hasil ya,Dokter memvonis ªķΰ pco, lalu memberi obat glucophge 1hari 3x. stlh satu bulan lebih mnm glucophge haid dtg, sebenarnya űϑάĥ telat 2bln sblm mnm glucophge .. stlh haid sy bersih sy ke dokter. Lalu dokter memberi obat fetrin ∂αη glisodin. bln brktnya haid dtg lg, stlh haid sy bersih, sy konsul lg ∂αη dokter memberi obat ƴƍ sama fertin ∂αη glisodin. ∂ī bln berikutnya saya Tiϑάќ konsul ke dokter, saya ingin tau apakah haid saya Ъϊśå dtg †ªnpa minum obat. Haid terakhir pd tgl 18 bln 7.∂αη kini Haid saya malah tidak dtg kok Ъϊśå ya? Apa krn saya tergantung sama obat jadi haid saya jadi Tiϑάќ dtg.. Skrg tlt hampir 2bln. Pas tgl 11 kmrn bln 9 ini sy konsul ke dokter,, dokter memberi obat inlacin. Lalu saya di srh minum 1hari 2x. Apa Ъϊśå Kª£☺ saya tidak haid maka saya akan hamil. Sy bingung knp dokter τυ bilang ǚήƭûќ pengobatan ΐϞΐ agar sy Ъϊśå hamil bkn ƱπťƱƙ melancarkan haid, ∂αη dokter τυ bilang ɑ̈ϑɑ̈ org ƴƍ tidak haid tapi Ъϊśå hamil. Άƿά benar τυ? Ќºq Ъϊśå y sy sampai terheran. Lalu hal apa yang harus ªķΰ lakukan agar q bs segera hamil, dan bagaimana mengobati pco dan haid sy biar teratur,,
    Skrg ªķΰ hny Ъϊśå pasrah ãjã ikutin petunjuk dokter, n berharap tuhan skrg memberi momongan bt ªķΰ, amin.
    º♏:)ª:)K:)ª:)§:)Ǐ:)♓º ϔά
    Atas artikel y..

  6. salam kenal…
    Aku seorang ibu rumah tangga, umur ku 31thn. Aku sdh mempunyai 2 orang anak. Anak ku yg pertama berumur 9thn, dan yg ke 2 berumur 4thn. Tp, dlm 2thn terakhir ini perut bgian bwah ku sering skit. Stelah melalu pemeriksan yg panjang akhirny ak d ponis terkena PCO. Terus terang ak bingung bgaimana pengobatan ny. Apa dng laparaskopi bisa menyembuhkan dri PCO???

  7. Terima kasih for this info,aku di diagnosa dokter PCO,info ini sangat bermanfaat untukku, semoga aku bisa sembuh dan bisa segera hamil ya..Amin..

  8. Assalamu alaikum..awaly q tdk th PCO..tp krn aq di ksh obat inlancin trs q browsing..tryt inlancin adlh obat untuk syndrom PCO..sedih rasanya ..mmg dokter prnh mengatakan klo dinding rahim q menebal..& itu tdk normal..Y Alloh mdh2 aq dan calon bunda disini smua sembuh dr PCO ini dan bs sgra bs pny dd bayi.. aaamin.. YRA..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s