.. Walk in The Closet ..

Sudah sejak lama aku menaruh perhatian pada bidang desain interior. Meski tidak mengambil kuliah jurusan Interior, ketertarikan akan padu padan interior selalu membuatku tertegun dan mau berlama-lama menatap layar komputer untuk mengamati lebih dalam.

Pada post kali ini, aku ingin membahas tentang walk in closet. Apa itu walk in closet? Berdasarkan pengertian di Wikipedia, walk in closet adalah sebuah closet atau ruangan yang besar dan digunakan untuk menyimpan barang-barang atau pakaian dimana kita bahkan bisa berjalan di dalamnya.

Walk in closet sendiri jarang dimiliki rumah-rumah di Indonesia karena tidak cukup familiar diterapkan. Yang ada di Indonesia, penyimpanan barang-barang dinamakan gudang, notabene tidak terlalu terurus, semua barang berserakan dan tidak teratur. Biasanya walk in closet dimiliki orang-orang yang berduit. Mereka sudah mengenal konsep lemari berjalan dari negara lain dan mampu membuat satu ruangan khusus untuk pakaian mereka karena rumah mereka yang terbilang besar.

Yup, membuat walk in closet memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Kita harus mau menyisihkan satu ruangan untuk pakaian dan perlengkapan pribadi, ditambah lagi anggaran untuk membuat kabin dan rak-rak penyimpanan yang terorganisir dengan baik.

Sebagai contoh, para selebriti dunia memiliki gaya walk in closetnya sendiri, bahkan ruangan ini menambah prestis mereka karena disitulah karakter dan ciri khas sang empunya kamar dipertontonkan. Bahkan ada sejumlah selebriti yang membuat walk in closet di dalam walk in closet. Mereka mau membuang uang mereka untuk membuat satu ruangan khusus untuk special item seperti sepatu, tas, dll.

shoes walk in closet Mariah Carey
Christina Aguilera closet
Jessica Alba Closet
Eva Longoria Closet
Nicky Hilton Closet

Wow, keren banget walk in closet mereka. Tidak hanya bisa berjalan, tapi bisa jungkir balik di closet mereka. Hehehe.. Hmmm, tapi kita tidak perlu membuat walk in closet kita seperti milik para selebriti dunia. Selain membutuhkan biaya banyak, kita juga tidak terlalu banyak space untuk membuat closet sebesar itu.

Aku searching ke beberapa situs interior favoritku dan mereka memberi gambaran dan perbandingan walk in closet yang cukup besar dengan yang kecil. Please take a look :

Big Closet from digdigs.com

closet-shelf.com

Small Closet

pic from freschcustomcloset.com

Walk in closet sesungguhnya bisa menghemat pembelian lemari, disamping itu daya tampung yang jauh lebih luas dengan ada kabinet-kabinet yang kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Walk in closet juga mempermudah kita mencari barang yang kita mau. Seringkali lemari kita berantakan karena barang tidak terkoordinasi dengan baik.

Nah, langkah apa yang harus kita ambil bila kita ingin memiliki walk in closet?
Pertama, siapkan ruangan khusus, besar kecil tidak masalah.
Kedua, buat sketsa kabin sementara klasifikasi barang. Dimana penempatan baju yang dilipat, baju yang digantung, sepatu, tas, celana, aksesoris. Selain barang Anda, sebaiknya pakaian suami Anda (yang sudah menikah) bisa masuk ke dalam. Klasifikasikan dimana baju Anda dan suami Anda akan ditempatkan. Sebagai tips, buatlah satu kabin lagi untuk keperluan menyangkut rumah tangga, seperti sprei, selimut, bantal, dll. Saya yakin pasti Anda akan berterima kasih atas saran saya. Thank me later hahaha..

Ketiga, perhatikan jenis kabin atau rak yang ingin Anda gunakan. Ada yang digantung dan dilipat. Beberapa jenis rak dari Easycloset.com berikut ini:

Drawers

Laci seperti ini sangat diperlukan dalam walk in closet. Bisa digunakan untuk menyimpan pakaian lipat maupun aksesoris. Buat laci Anda menarik dengan membuat sekat untuk terhindar dari berantakan.


Island

Hutches

Shoe Shelves

pic from doedeereblogazine.com

Valet Pole

Pant Rack


Jewellry Storage

Tie Rack

alibaba.com

Belt Rack

Slide Out Spice Rack Cabinet

Corner Shelves

Nah, setelah Anda mengetahui rak atau kabinet apa aja yang dibutuhkan, Anda tinggal ke home depot terdekat untuk mencari kabinet yang Anda butuhkan. Bila tidak ada yang sesuai dengan keinginan Anda, mudah saja. Anda tinggal ke toko material atau tempat penyedia jasa tempah lemari yang dapat membuat kabinet sesuai dengan kemauan Anda.

Sekali lagi, walk in closet memang membutuhkan biaya dan tenaga lebih dari sekedar hanya membeli lemari, tetapi setelah Anda berhasil membuat walk in closet sesuai dengan karakter Anda dan keluarga, yakinlah walk in closet ini tidak hanya sekedar tempat gantungan baju tetapi juga tempat “pelarian” yang positif bagi Anda.

I wish i could have walk in closet in the future. Bless you..
Ledy Simanjuntak

4 thoughts on “.. Walk in The Closet ..

  1. wow,,,nice post Led.
    suka banget sama topiknya.
    gambarnya juga keren2…good browsing huh🙂
    mupeng deh liat walk in closetnya Mariah Carey (“,)
    wish someday i could have one, too🙂

    God bless you

  2. Makasi Kak.. Memang mupeng banget liat walk in closet seleb2 ini.. Thx for the comment kak.. Ditunggu komen berikutnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s