The Wedding Party, 18 Desember 2009

January, 2010

Rasanya legaaaaa banget aku sudah melangsungkan pernikahanku tanggal 18 Desember 2009, tepatnya pertengahan bulan lalu. Meski ada satu hal lagi yang belum terlaksana yakni resepsi pernikahanku di Jakarta yang akan diselenggarakan tanggal 17 Januari 2010 ini, tapi perasaanku sudah jauh lebih ringan dari sebelumnya.

Sekedar berbagi cerita pada calon pengantin ataupun pembaca blogku ini, aku menyiapkan pernikahan bersama suamiku ini skitar 5 bulan lebih. Untuk makanan (catering) di Medan menjadi tanggungan pihak suamiku, di luar itu menjadi urusan kami berdua.

Mendekati hari pernikahanku, rasanya frekuensi kepala pening mulai terasa, meski tidak segila yang kubayangkan. Mungkin karena aku berpikir realistis berkaitan dengan budgeting, jadi aku tidak mau memaksakan diri dalam setiap memilih vendor. Kami bukan orang kaya, jadi tidak mungkin kami melakukan pernikahan megah bak putri raja. Secara persiapan pribadi, vendor-vendor yang kami pakai sederhana dan terbilang murah, tapi (menurutku) cukup baik.

WARDROBE PERNIKAHAN

Untuk kebaya pernikahan, kembali aku ulang disini, aku menggunakan jasa penjahit rumahan bernama A Chin (081361338666) yang terletak di jalan Raden Saleh Dalam No. 21, Medan, Sumatera Utara. Aku menjahit 3 kebaya, 1 songket pernikahan, 1 selendang pernikahan, 1 rok batik. Totalnya sekitar Rp. 3,9 juta. Menurutku untuk menjahit sebanyak itu worth enough, daripada di butik atau tukang jahit lain di Medan yang mungkin sudah lebih dikenal tapi harganya selangit.

A Chin mematok harga kebayaku rata-rata 1 jutaan, seperti kebaya Martumpol Rp 1 Juta, dan Pernikahan Rp. 1,2 juta. Kebayanya sudah cukup mewah, apalagi untuk payet bagian dada, lengan+tangan, dan bunga pinggir. A Chin menggunakan payet batang, pasir dan bulat kristal Jepang. Tidak perlu menggunakan kristal Swaroski saja sudah mewah menurutku.

Mahal atau tidaknya kebaya sebenarnya tergantung seberapa banyak payet yang kita mau. Kalo mau seluruh bunga kebaya dipayet maka bisa memakan biaya sampe 2 jutaan.

Jadi intinya tergantung kita.

Detail harga jait di A Chin:

– Upah Jahit                  Rp. 350.000

– Bustier                        Rp. 150.000

– Payet                           Rp. 300.000-2 juta

– Bawahan                     Rp. 125.000

– Payet Selendang      Rp. 200.000

Sedangkan untuk jas Bang Denny, dia jahit jas sekitar Ro. 400 ribuan di daerah PIK, Menteng Raya, Medan. Dasinya beli di Sogo Sun Plaza sekitar Rp. 150-200ribuan.

Untuk sepatu nikah, aku beli di Aveda Sun Plaza sekitar Rp. 700 ribuan. Aveda bagus sih, tapi mahal karena dia memakai kristal swaroski. Padahal ada yang lebih murah di pasar Petisah. Sayang sekali, aku baru tahu ada yang bagus dan murah di sana. Maklum, warga baru Medan sih.

Sedangkan Bang Denny sepatunya Edward Forrer. Bang Denny memang pengen sepatu yang  simpel dan nyaman katanya.

DEKORASI PERNIKAHAN

Awalnya aku mungkin seperti perempuan kebanyakan lainnya yang menginginkan dekorasi keren, bak putri salju mo nikah. Hihihihi. Tapi ada dua hal yang mengurungkan niatku untuk menggunakan vendor mahal.

Pertama, persoalan pasti terletak pada budget. Bisa aja sih kita pake vendor yang sudah punya nama seperti Paulina atau Viesta dengan dekorasi yang memakan biaya mulai dari 3 juta (bunga mati) sampe 7 jutaan (bunga hidup), tapi pertanyaannya BUAT APA ?!

Kedua, pernikahan kami bukan mau ngeliatin dekorasi tapi mau melihat pengantin dan kehangatan kekeluargaan dari keluarga besar serta rekan-rekan kami. Dibanding ke dekorasi, mending total di makanan atau catering, karena itu yang akan dinikmati secara langsung sama undangan.

Ketiga, kami masih mengadakan resepsi di Jakarta dan dekorasi di Jakarta akan lebih memakan biaya dibanding di Medan.

Jadilah kami menggunakan Simamora Florist (085297310922), rekanan Wisma Marindal, dengan harga cukup Rp. 1,3 juta saja. Seneng banget liat harganya. Hahaha.. Dengan harga Rp. 1,3 juta, kami sudah mendapatkan dekorasi di gereja dan di gedung. Kami sengaja memilih bunga mati semua, daripada jadi rebutan ibu-ibu yang norak suka nyabutin bunga di pesta. Yang ada pestanya malah ancur karena bunga-bunga hidup yang berantakan. No Way !!

Dekorasi Sederhana Pelaminan

Entrance Simple Decoration

Kami dapat 10 standing flower, 2 bunga di lantai, bunga kantong untuk mempelai pria, bunga tangan (hand bouquet), bunga tabur, bunga mobil, melati untuk pengantin, melati untuk 2 ibu mempelai, dan 3 bunga dinding dan tirai untuk pelaminan. Menurutku untuk harga segitu, pelayanan cukup memuaskan.

Sedangkan untuk dekorasi di resepsi pernikahan Jakarta, cukup memakan biaya karena sudah termasuk dalam paket yang disediakan Puspita Sawargi (CP: Titin 081310021688, http://www.puspitasawargi.com). Sengaja aku satukan aja dalam paket yang disediakan supaya aku dan keluargaku ga repot lagi ngurusinnya. Harga paket dekorasi resepsi sekitar Rp. 8 juta, termasuk dekorasi pelaminan, buffet makanan, pintu tamu dan entrance masuk.

SOUVENIR PERNIKAHAN

Banyak penyedia souvenir pernikahan, baik yang buka toko di Medan maupun online, tapi akhirnya aku memutuskan untuk pake jasa souvenir online di souvenirpernikahankumurahmeriah.blogspot.com (hendra : 085281227751, 021-98298411). Aku memesan dua jenis souvenir yakni tempat tissue tikar yang harga Rp. 1000/buah dan dompet lipat batik seharga Rp. 1500/buah. Senangnya lagi, souvenir per buah di diskon 100 perak. Aku pesan 200 buah aja untuk masing-masing souvenir.

Total untuk souvenir mulai dari harga barang sampe ongkos kirim Rp. 325.000 saja.

Tempat Tisu Tikar, Rp. 1000/buah
Tempat Tisu Tikar Rp.1000/buah

 

Dompet Lipat Batik, Rp 1500/buah
Dompet Lipat Batik, Rp.1500/buah

 

Kebetulan Bapakku juga buat CD Lagu Souvenir untuk resepsi, jadi untuk resepsi di Jakarta aku ga usah mikir lagi untuk souvenir. Bapak sudah cetak 1000 CD yang isinya 6 lagu-lagu karaoke yang pernah aku rekam tahun 2007 lalu, ditambah rekaman Hot Batahan.

SALON PENGANTIN

Dibalik semua itu, sebenernya yang paling aku takutin adalah pemilihan salon. Kenapa tidak? Dari segala persiapan pernikahan, yang tertinggal di selembar foto adalah bagaimana tampilan pengantin di foto kan?! Bukan dekorasi, bukan makanan, tapi muka ke dua pengantin yang berulang kali kena jepret kamera.

Atas rekomendasi bang Andi Cristop, seorang mantan model dan sekarang menjadi fotografer -yang sekarang gendutnya ya ketulungan – akhirnya aku menggunakan jasa Budi Salon (061-4519884) yang terletak di Jalan Teuku Umar No. 3E, Medan. Bang Budi agak-agak melambai bokkk, tapi dia orang baik banget dan modern.

Untuk riasan pernikahanku kali ini dia menerapkan make up klasik, dengan bibir merah merekah dan bulu mata palsu yang lentik. Bang Budi bahkan sampe menggunakan 2 bulu mata palsu supaya memberikan efek klasik di mataku. Warna eye shadow dan blush on pakai warna tanah, tapi dia pertebal di eye liner dan lashes (bulu mata palsu).

Untuk sanggul, aku memang harus memakai sanggul klasik, tanpa banyak bunga macem-macem. Cukup bunga melati di pangkal sanggul dan dua juntaian melati di sisi kanan kiri. Aku juga tidak pake sortali, pengikat kepala khas Batak.

Harga untuk make up pengantin dibandrol Rp. 1 juta, untuk tambahan Rp.250 ribu per orang.

WEDDING CAR

This is the most unique wedding that i ever come“, said one of our wedding guest. Wajar dia bilang begitu karena aku aja yang menikah masih terheran dengan mobil pengantin kami, Fiat 1950, 1000 cc. Fiat adalah mobil klasik yang dipakai di Italia. Mobil ini kami peroleh hasil pinjaman dari salah satu teman baik bang Denny namanya Pak Rusdi, yang biasa dipanggil Wak Lambe.

Dengan mobil pengantin ini, sepanjang jalan kenangan menuju gedung pesta menjadi perjalanan paling menyenangkan dalam hidupku. Berada dalam mobil tua yang unik ini membuat semua mata tertuju pada kami.

Mobil Fiat ini juga yang mewarnai foto Pre-Wed kami pada bulan November, 2009. Beberapa fotografer yang secara sukarela mengabadikan momen pre-wed kami, membuat aku berdecak kagum dengan hasil editan mereka. Terima kasih buat Bang Faisal Reza (Ical), bang Andi Lubis, Kak Andre, Yvonne, Iwan, dan Bang Tjody atas hasil editannya. Ini beberapa karya mereka.

 

by : Faisal Reza

 

By : Andi Lubis

 

by : Yvonne Tan (Ipon)
by : Andre Fotografia
Edit by : Tjody Photography

Rasanya jadi ingin mengulang masa-masa persiapan wedding.. So much fun!!

Selain naik mobil Fiat, perjalanan menuju gedung Wisma Marindal juga sangat seru. Gemana enggak, kami ga ada pake foraider, tapi yang secara sukarela mengiring kami adalah teman-teman dari Land Rover Club dan XTrim. Mereka adalah pecinta Land Rover dan Motor Trail. For me, this is more than Foraiders.. Yippiiiee..

Iring-iringan Land Rover menuju Wisma Marindal, Medan
Sempat bikin macet jalan Sisingamangaraja
Teman-teman XTrim pada pake Trail di jajaran paling depan

Yang pasti bapak mamakku antara pening dan senang liatnya. Soalnya nikahan borunya (anak perempuannya) agak gak normal. Itu karena aku menikahi laki-laki yang antik, dimana bang Denny sukanya barang-barang klasik. Bersyukurlah aku..

Akhir kata, semoga pernikahan kami ini bisa menjadi berkat untuk semua orang. Kembali lagi ledy ingatkan, pernikahan kami ini sederhana tapi berkat teman-teman yang mau menyumbangkan waktu, tenaga, dan sumbangan materialnya, pernikahan kami jadi meriah. Makasi teman-teman dan tentunya keluarga kami tercinta. Tanpa kalian, tanggal 18 Desember 2009 tidak akan seindah itu.

Sincerely Us,

Ledy & Denny

Last but not least, karikatur pernikahan diatas ini merupakan pemberian dari salah satu sahabat kami, Yvonne Tan. Selama pembuatan karikatur ini, Ipon – panggilan Yvonne – sangat antusias dan sangat serius. Kami jadi terharu.. Makasi ya Ipon. Tanggal 6 Januari ini, Ipon akan sekolah ke Jepang untuk beberapa tahun. We’re gonna miss u, sweety.. Thank you for your presence. Mudah-mudahan kalo kami ada rejeki, kita susul ke Jepang (Amin !!)

131 thoughts on “The Wedding Party, 18 Desember 2009

  1. Itu karikatur yang bikin siapa ya? Kok gak disebutin, sekalian ucapin terima kasihnya… kasihan yang bikin, sekarang udah di Jepang…

  2. hai… kenalkan aku shan, gadis jawa yg akan menjadi pendamping hidup orang batak marga Lubis…. karena aku sangat blm mengerti segala sesuatu tentang pernikahan adat batak.. so aku browsing sebanyak2nya yg berhubungan dengan pernikahan ala batak
    salah satunya membaca blok mu…. aku ikutin semua ceritamu dari acara martumpolnya…
    hmmm…. jadi ada gambaran buat aku yg akan melangsungkan pernikahan july 2010 mendatang…, doakan kami ya? semoga semua berjalan lancar ….. thanks…

  3. hai shan, makasi sebelumnya sudah menyempatkan diri untuk baca blogku disini.. memang tidak terlalu banyak budaya batak yang kubahas disini karena memang aku lebih fokus pada pernak pernik pernikahan.. sebelum aku merit, aku kekurangan info soal vendor2 di Medan, jadi aku buat blog ini untuk membantu teman2 yang akan menikah di medan..

    kalo tentang adat batak sendiri didasari oleh falsafah hidup orang batak yakni Dalihan Na Tolu.. Jangan lupa kao sudah bergabung menjadi keluarga batak, panggilan antara saudara itu sangat penting, seperti Tulang (keluarga dari Ibu), Uda (Saudara Ayah), Amangboru (Ipar Ayah), dan lainnya.. Ribet memang awalnya tapi lama kelamaan pasti seneng, krn kita juga akan mendapat panggilan yang sesuai dengan posisi kita di keluarga suami.. So happy wedding..

  4. manntappppp…………. itu pertama kali aku ucapkan.. aku rio sebastian,, aku anak padang.. yo suka gaya pernikahan kalian,,,, sungguh rancak bana…( bahasa padang)…. hehehehe….

    1. wah, apa kabar padang? baru2 ini aku dari Padang Pariaman lho..
      Udah merit belum? kalo belum, make ur wedding wonderful ya..

  5. Kalo hari ini terasa membosankan… main donk ke http://www.ipopscollections.com beneran dech, kamu ga bakal rugi🙂
    Di sana kamu bisa cuci mata dan hunting barang branded dengan harga MURAH.

    Mau cari jam tangan TAg Heuere, Bvlgari, Gucci, Guess… adaaaa
    Mau cari tas Louis Vuitton, Hermes, Tods, Prada, Gucci, Chanel??? Adaaaa…

    Pokoknya surganya para cewek deh…

    Terus, kalo kamu mau coba2 bisnis, kami akan kasih harga reseller juga… jadiii,ga rugiii kan? yuuuk happy shopping di ipopscollections🙂

    See you

  6. Kalo ada Quis, blog mana terpaforit ala daerah, so pasti ini layak, dan ternyata bagus dan dari page 1 to page ahir mantap smua, wisma ini juga layak dpertimbangkan, saya sndiri langsung kelokasi dan…. iyaa … kata yg nunggu dsana itu… buat pesta siapa? aku bilang untuk kami, dtanya marga? Sitohang…. Wahh Banyakan Sitohang ini yg pesta disini, hehe….

    Good Luck yah Buat Kalian… Eh Sitohang na apa dan No. urut brp
    Thanks

    1. Wedeh, aku sampe tersanjung dengernya..
      makasi banyak ya.. wisma marindal tempatnya murah dan enak menurutku, tapi lucu juga ya kalo banyak sitohang yang gelar pesta disana.. kebetulan sekali..
      semoga makin banyak pengantin yang berhasil abis buat acara di sana.. hehehe..

      suamiku sitohang dari Palipi, Samosir.. ga tau nomor berapa, memangnya sitohang ada nomornya ya?

      1. Amiiin.. amin, Semoga, urutan dari paling atas adalah oppu tuan situmorang, jadi kalo dari paling atas hingga skarang ini biasanya ada urutannya, tp spertinya tdk trlalu pnting tapii.. Penting jg, hehe.

        Siip D, Smoga makin sukses aja, kalo dr palipi brarti uruk dan sama saja aku jg dr sana, gituuu… Daaan, Doain jg yaa.. mudah2an sukses rencana ahir bulan juli di taman sari, kl diijinkan skalian ini mengundang kalian, Okey

  7. Hii,Ledy.Wow this is reakky inspired me. Iya niy lg mulai cari2 harga utk pernikahanku, tp sneng siy jadi keidean aja mo bikin apa. Kebetulan aku suka sumthin’ yg simpel,jadi mudah2an ini bisa nambah2 referensi yaa……congrats 4 d new journey yaaa,jeung. May God bless u🙂

    1. Aliandri, seneng juga kalo kamu terpinspirasi dari ceritaku ini.. Yang penting, buat wedding yang sesuai karakter dengan diri kita dan pasangan kita.. kebetulan, suamiku suka barang2 antik dan jadul orangnya, sedangkan aku sukanya simple. jadi bisa blending idenya pas wedding…

      selamatnya rencana pernikahannya.. semoga lancar semua.. Amin..

  8. salam kenal kak, aq juga boru batak..hehhe..tp calon ku jawa nih.
    aq malah bingung ngejelasin acara nikahan dan adat batak ke dia..
    yg aq suka poto karikaturnya, keren banget..bole tau buatnya dmana??
    oya semua yg kakak sebutin diatas hampir semua aq tau t4nya, krn aq jg dimedan😉
    jd bisa lbh gampang ;))
    thx…

    1. memang pernikahan antara adat batak dengan adat lain masih menjadi permasalah sebagian besar pasangan multikultur, tapi itu semua tergantung keluarga.. kalo keluarga sudah lebih moderat dan terbuka dengan budaya di luar batak, maka semua akan baik2 aja.. tapi kalo keluarga masih keberatan, maka akan banyak konflik yg terjadi. Biasanya untuk menikah dengan adat lain, pasangan kita harus dikasih marga dan diadatin, yang tentu saja membutuhkan biaya. itupun kalo pihak keluarga laki-laki setuju untuk diadatin..

      yg pasti adat batak itu sangat baik, krn menjunjung tinggi kekeluargaan.. sebaiknya metha harus lebih banyak konsul sama ortu ttg adat batak, biar pikiran dan pengetahuan kita terbuka.. mudah2an jadi ya sama pasangannya.. Aminn..

  9. saya sangat dengan persiapan sampai dengan hasil dari foto2 pernikahannya. keren bangetttt. saya juga beencana menikah bulan juni, dan saya banyak ter inspirasi dari bloknya thanks…

    1. saya sangat terkesan dengan persiapan pernikahan kakak, dan hasilnya wahh… mengagumkan. mulai dari riasan pengantin, bunga pengantin ampe dekorasi kerennnnnnnnnnnn dengan harga seperi yang kakak jelaskan di atas. saya juga berencana menikah bulan juni dan saya banyak terinspirasi dari webnya. thanks suksess……maaf komenya di atas banyak salah, maklum saya tinggal di kalimantan jadi sinyalnya suka terganggu. tadinya mau coba – coba koment, taunya berhasil dan hmmmm……… senang bisa menyampaikan komenya……….

      1. haloo juga hempi, jauh2 dari kalimantan ni ya.. hehe
        aku makasi banyak untuk komennya, sangat menghibur dan membangun..
        pasti lagi seneng2nya ni ya nyiapin hari pernikahan.. nikmati apa adanya, yg penting kta jangan ngotot dan berpsrah diri.. pasti hasilnya lebih dari yang kta pikirkan.. happy wedding..

  10. lam kenal k…
    seneng dech bsa nemu blognya kk ttg wedding day..
    soalnya aq jg rncna mo nikah bulan des ni..
    n rencananya dikampungnya calonku,di sumbul.. jauh y k dari balige? hehehe..
    sbnrx msh bingung sich dgn adat batak, walopun aq org batak..
    oiya k,utk songket kk bli hrgnya brp?
    hehehe..jd bnyk nanya nich..

    1. hi juga selfi, apa kabar?
      seneng juga kamu menemukan blogku ini, mudah2an dapat info lebih ya buat wedding day-nya..

      kalo songket kebetulan mamaku yang beli duluan, setahuku harganya 3 jutaan,.. harga songket buat nikahan memang agak mahal, tapi menurutku, ga harus mahal, yang penting sesuai dengan budget tapi songketnya tetap rapi dan cantik..

  11. o ia kak, hempi mau nanya lagi nih……kalo untuk bunga melatinya pesan dimana kak??? trus melati kakak itu untaian yang panjang kalau gak salah ada enam untaian dan bunga melatinya padat, pas acara seharian kepala sakit gak kak!!!! soalnya aku mikir kalo bagus tapi gaknyaman kan kurang bagus juga. Trus kakak punya referensi untuk model2 bunga melatinya kak??? kalo ada bagi2 ya kak…. makasi kakak…..udah makin deg…degan ni kak, waktunya makin dekat…..he…he….

    1. bunga melatinya sudah satu paket dengan dekorasi.. jadi floristnya sudah menyediakan bunga untuk pengantin satu paket seperti bunga tangan, bunga kantong untuk calon pengantin cowo, bunga rambut cewe dan bunga dekor untuk gereja dan gedung adat.. lengkap kok..

      aku mesen bunga juntai yang tidak terlalu panjang karena suka nyangkut di kebaya lho.. aku pesen yang sedang untuk sebelah kiri dan pendek sebelah kanan..

      salon tempatku nyanggul cukup jago ya menurutku, dia buat sanggul yang tidak terlalu menyakitkan kepala.. kalo berat pastilah, tapi untungnya aku tidak terlalu berat sih.. aku tahan make sanggul dari jam 7 pagi sampe jam 10 malam lho hehehe..

      coba aja hubungin florist simamora yang aku maksd.. mereka memang tidak terlalu mewah krn aku memang mau yang sederhana.. yang penting salonnya ga usah di mereka karena batak banget.. aku salonnya yang modern, jd meski tradisional, make upnya ga kampungan.. hehehe

      Deg-deg menyenangkan lah ya sekarang.. selamat ya..

  12. Leddyyyy….

    Long time no see….gue Anas, temen smp lo….gue denger dari anak2 lo ud married sih, bokap nyokap nya pacar gue juga waktu itu dtg ke resepsi lo yg di halim (secara doi juntak jg,masih sodara rupanya)…eh pas lagi browsing2 website nyari kebaya,eh malah nemu blog elu. Btw, elu pake puspita sawargi ya utk resepsi di Jakarta? Klo make up artistnya pake siapa ya? Share info boleh?

    1. nama bokap cowo lo siapa nas? gw inget kok, elo yg pake kawat gigi kan? hehe
      gw pake puspita sawargi kmrn, krn kebetulan mereka joinan sama halim.. make-upnya nanti disuruh pilih rekanannya Puspita Sawargi.. Waktu itu gw pake Viora Salon.. Lumayan kok bagus hasilnya, natural.. tapi kalo bisa cowo lu jangan ikut di make-up juga.. waktu kmrn suami gw disuruh dibedakin sama make up artistnya, jadinya aneh.. hahaha

      kapan lu merit say?

      1. Nama bokapnya cowo gue Pak Reinhard Simanjuntak, nyokapnya Ibu Merry Hutabarat.
        Hasilnya bagus ga Voira Salon itu? Btw, bukan gue yang mau married,tp boss gue…gue jadi panitia aja kok…Boss gue itu pake puspita sawargi juga,tapi belum dpt make up artistnya. Banyak temen gue yang pake puspita sawargi,soalnya makanannya enak dan bisa nego harga.
        Mudah-mudahan gue cepet nyusul yaaa…mau nabung buat adat dan resepsi dulu deh…(belon lg mesti beli marga dulu pula) hehehehehe…

  13. syalomm….
    seneng bt pas ketemu blog nya ini…
    oh ia ka, aku mw nanya foto pre wednya kan di D’studio kan? tp knapa photographernya bda2 ya ka…
    aku suka bgt loh dgn hasil2 foto ka ledy…jadi pengen foto pre wed dsna.

    1. Fotografernya D’Studio itu cukup banyak, apalagi orderan foto mereka berjibun, jadi mereka akan menurunkan beberapa timnya untuk foto.. Yang punya namanya Andi Cristop, dia pun selalu turun langsung ke lapangan.. tp kalo lagi full order, ga semua wedding dia turun tangan, karena gempor juga kan.. hehehe..

      aku rekomend ke D’Studio foto pre-wed sampe weddingnya.. Edit fotonya juga bagus..

      Kebetulan suamiku wartawan dimana lingkungan pergaulannya fotografer koran dan wedding semua, jadi foto pre-wedku banyak fotografer yang moto, itupun karena atas dasar sukarela.. hehehe.. tp untuk foto wedding, tetep D’Studio yang megang, karena mereka sudah tau susunan adat Batak..

      semoga sukses ya..

  14. Kak, aku mau tanya kebetulan aku orang batak juga, aku akan menikah beberapa bulan lagi dan sedang mengadakan persiapan. karna aku besar dijakarta aku kurang mengerti dan tidak pernah mengikuti acara resepsi adat batak, aku mau tanya sebaiknya pemilihan sendal pas resepsi adat bagai mana ya, kalau memakai sendal berhak tinggi apa merepotkan..Terimakasih kak

    1. Shanty, untuk adat batak biasanya orang tua kita sudah dengan sendirinya mengatur acara adat batak.. Jadi kedua pengantin tinggal duduk manis dan ikutin instruksi dari para raja parhata..

      Kalo untuk sendal, jujur aku make sendal yang tingginya 8-9 senti.. pegal memang, tapi jatohnya di kebaya dan songket jadi bagus.. tapi kalo kamu ga tahan pake sendal tinggi, aku anjurin siapin 2 sendal.. 1sendal yang agak tinggi untuk di pemberkatan, 1 sendal yang rendah 3-5 senti untuk acara adat.. yang lama nanti di acara adat soalnya, kita harus bolak-balik duduk dan berdiri.. minta pandongani kita untuk stand by siapin keperluan kita.. Semoga cukup membantu ya say.. Jbu

  15. Helow kak lady…senang telah menemukan blognya. kebetulan setember saya mau menikah di siantar. sementara saya tidak tau untuk vendor2 disana. mulai dari salon, fotografer, dekorasi dan sebagainya kecuali catring nya. krn bakal camer ku yg siapin soal catering. saya mau minta tolong. siapa tau tau tempat2 vendor di siantar, dan kalo ada tolong kasih tau namanya no.telp dan alamatnya.
    terima kasih ya sebelumnya. gbu

    1. waduh, Fia kalo di siantar jujur aku ga gitu tau say.. Maaf ya, soalnya akku cuman tau di Medan aja..
      Nanti deh kalo ada info aku kasih tau ya..

  16. Alow ledy.. Thx y uda bagi info. Kebetulan gw plan maried bln okt d bagan batu, t4 tinggal calon suami(org batak). Trs terang gw kaga ngerti adat batak. Sampai saat ini sih gw blm ada persiapa apa2 krn bingung. gw blm prnh ikut wedding batak & ga prnh pake kebaya. Td pas lg ngobrol pgn k medan nyari kebaya, gw browsing & dpt blog Ledy. Pgn tny yg jahit kebaya itu sekalian kainnya y? Trus mrk pny cth model2 kebaya ga? Pny info ga selain Achin. thanks y🙂

    1. Kalo di Achin bisa pake kain sendiri, bisa juga serahin ke dia.. Tinggal kita bilang aja maunya bahan kebaya seperti apa, biasanya sih A chin suka bahan yg ga terlalu mahal atau biasanya disebut Kebaya Perancis karena berbahan lemas sehingga sulit di payet.. Klo a chin sih ada gambar2 kebaya2, dan biasanya pelanggan udah pnya contoh model kebaya sendiri jadi dia tinggal modifikasi aja..

      Selain A Chin, ada toko kebaya di Setia Budi namanya Gallery Plus. Mereka juga ada di Sun Plaza kok.. Di mereka ada kebaya jadi yg tinggal pake, tp takutnya ga pas kan ya.. Harga mereka sudah terkenal agak mahal, bsia sampe 3-7 jutaan, Selain itu ada toko kebaya sekaligus buat kebaya di Pajak Ular.. Coba aja cek kesana ya, tp harganya bisa lebih dari 2 juta..

    2. hai ka ledi…
      numpang yey…
      mbak tina di bagan batu?
      merit dng sp mbak?
      sy org bagan batu soalnya…
      sp tau tetanggaan. krn bagan batu ntuh kan kecil banget…

  17. wah mba ledy keren ni isi blognya..
    sangat membantu sekali🙂
    saat ini saya juga sedang dalam persiapan walaupun belum ditentukan tanggalnya..
    mudah2n akhir tahun ini atau awal tahun depan bisa menyusul mba ledy..

    1. makasi ya dah sempetin baca blogku.. seneng jg bisa membantu orang lain dalam mempersiapkan pernikahan.. Segera menyusul ya, nanti nyesel lho kenapa ga dari dulu nikah.. hahahaha..

  18. Kak ledy…. kok ga ada tulisan lagi….
    kangen nich baca2 tulisannya kakak
    aq tunggu ya…
    udah punya baby lum nih kak
    GBU

    1. hahaha.. aku juga rindu banget nih nulis lagi.. memang ada yang mau kucurhatin di blog ini, tp krn sibuk kerja.. segera deh aku launching tulisanku bulan agustus tentang kehidupan after marriedku..

  19. Kak ledy,salam kenal.. Senang bgt bs baca blog kk,br x ini baca blog se-detail blog kk.
    oia kak,situs souvenirnya koq g bs dibuka y? Apa ada kesalahan redaksi y?? pls info y kak..thx a lot

    1. Souvenirnya mungkin udah ganti website say.. Coba hubungi 0852-8122-7751, namanya Hendri, yg pnya Souvenir murah meriah..

      Smoga bisa ya..

  20. I’M PROUD TO BE BATAK……..
    🙂

    two thumbs up deh buat the writer….🙂

    next year is my turn… 11 – 11 – 2011

    tx a lot buat ptunjuk’a yah ka’ledy….
    dtunggu yah after married’a gmn…
    i’m your fans…

    best regard,
    Natalia Marbun

    1. Hei, tengkyu ya Natalia..
      Seneng juga kamu singgah ke Blog ku.. Dah lama ga aku update blog ini..
      Semoga berguna ya informasinya..
      Keep looking my blog honey..
      Smooch, Ledy

  21. Blog wedding mba enak buat dibaca, slu aq baca berulang kali, buat jd referensi ntar di wedding aq😀
    Btw, utk foto prewedding diatas makan biaya brp yah mba? soale bagus dan sederhana, tp klasik..

    1. terima kasih, Ruth.. Aku manggil kamu Eda aja ya.. Untuk foto pre wedding puji Tuhan kami dapat free, krn teman2 kami kebetulan bekerja sebagai fotografer dan wartawan foto.. Salah satu fotografer pre wed dan wedding kami adalah D’Studio yang ada di Setiabudi Square.. Kalo mau, nanti aku kasih tau nomor kontaknya ya..

  22. Thanks ya ito, info di blog nya sangat bermanfaat buat saya yg segera nikah di Medan tp posisi ada di bandar Lampung. Gbu

  23. Hi Eda’ … (panggilan kk prempuan BataK)
    Aq mo tanya itu KariKatur_ny bisa minta CP lengkap_ny g’ ?
    Tertarik ni ..
    Rncna aq mo merid tahun ini ..
    bulan dpan malah
    HehHehehe ..
    Sprtinya tertarik bwt bikin KarikaTur kek gtu drpda Pre Wed ..

    Ditunggu InFo_ny y Sis ..
    🙂

  24. Nice Blog ..
    Rncna aq mo merid tahun ini ..
    bulan dpan malah
    HehHehehe ..
    Sprtinya tertarik bwt bikin KarikaTur kek gtu drpda Pre Wed ..

    Ditunggu InFo_ny y Sis ..
    🙂

    1. Hi Dear..
      Selamat ya lagi mempersiapkan pernikahan.. Pasti ada tegang, exited, dan bahagia.. Kalo untuk karikatur, ini sebenernya gift dari temen kami berdua. Masalahnya sekarang dia lagi sekolah di Jepang.. Kalo mau menghubungi dia, coba buka FBnya di Yvonne Tan. Search aja ya.. Good luck !!

  25. aduh seneng banget liat blognya…pengen banget anakku beberapa tahun kedepan nikah pake adat batak tapi saya jd sedih krn anak saya itu ngikutin gereja yg anti adat batak…sp ulos dirumah aja habis dia bakar diam2…aduh…knapa yah banyak pengajaran yg seperti itu

    1. ya memang tiap ajaran beda-beda, yang penting jangan dipaksakan apa yang menjadi prinsip kita sama orang lain.. mudah2an impian untuk menikahkan anak dengan adat batak kesampaian ya..

      Kalo nikah di Medan, hubungi aku aja.. aku siap bantu.. Gbu

  26. Sister, mau nanya dunk…
    Acara Martumpolnya di Medan juga ya??? Trus make up martumpol & merriednya, dua”nya pake Budi Salon ntu, Mbak?

    1. martumpolnya di Balige, Diana.. Justru make-up wktu martumpol aku sendiri hehehe.. Budi Salon cuman pas nikah aja..

  27. klo bsok bsok kakak btuh tas/ dompet/ box make up bahan kulit/ batik maen ke blog ku ya kak..
    mojjams.blogspot.com

    sai las ma dohot abang,
    ingot tongtong debata na mangaramoti..
    horas..

  28. horas kak….
    aku silvia tobing di pekanbaru, rncana mau nikah awal taun depan
    saking snengnya sm blog kak ini aku smpe baca berkali2 buat referensi ^_^
    mau tanya kak, 3,9jt itu termasuk bahan+jahit 3 kebaya, selendang, songket, sama batik kah kak?

    1. Horas silvi, maaf lama jwb commentmu.. 3,9 juta itu hanya upah jahit semua item yang sudah kusebut disini.., Bahan sudah dibeli sama mamaku semua. Tp sbgai saran aja, jangan beli bahan kebaya yang terlalu mahal, atau tule perancis, krn nanti akan di potong2 sama tukang jahitnya.. Semoga membantu..

      1. tuh kan kak…saking senangnya sm blog kak ini aku baca2 lg,
        trus br aku ingat pernah nulis komen, kirain kak ga smpt bls
        mau nanya lg kak, nama bahan kebaya kakak itu apa ya?
        klo bs minta rekom bahan kebaya yg baguslah kak menurut kakak (sbg pmrhati fashion)
        mauliate godang kak cantik..

        P.S. just watched u’r “run to u”
        really love it kak,
        kiss n hug from u’r new fan \(^_^)/

      1. halo kak..wah kirain gak dibalas🙂. tq y ka. mmm…rada lupa kemaren mo nanya apa😀.
        oiya..kaka beli bahan kebayanya di jakarta ato medan yah? soalnya aku bingung mo beli bahan kebaya nya dmana. kebetulan juga mau ke surabaya, menurut kaka, cari di surabaya ato titip keluarga cari di medan?? (posisiku skrg di balikpapan, keluarga dimedan, so mo merid di medan)
        trus kaka nikah di hkbp y? nah, kalo merid di hkbp apa mutlak pake bunga melati di kepala (ky kaka)? kalo gak pake gituan tp pake hiasan lain boleh gak y?
        ada lagi… xixixi, pas kaka jait kebaya di medan, posisi kaka emang di medan, ato kirim ukuran baju kaka ke tukang jait yg di medan?? oiya.. ptukeran email dungs..😀😀

  29. say, mo tanya.. kira2 bs dpt rekomendasi utk sewa mobil pengantin dmna ya? pengennya jeep gituu.. ato mobil antik2 gitu jg boleh

    1. Dear Ecka,
      Sewa mobil pengantin yang jeep aku rasa ada kok di medan, tapi musti aku cari tau dulu,, Kalo Land Rover series II tahun 1961, kebetulan suamiku ada.. Kalo memang mau pake untuk prewed atau wedding bole aja..

  30. hi jeng Ledy…
    Blog nya kuereeen bangeet..sekarang tiap mlm pulang kerja, kerjaan ku ya baca blogmu..hehehe..
    aku terinspirasi banget sama smua tetekbengek persiapan pernikahan mu..aku jadi ada gambaran mau bikin apa dipernikahan ku nanti..
    Rencana aku married nya di medan jg, pdhl smua aktivitasku ada di jkt. Ga kebayang deh keribetan yg akan ku hadapi nantinya..
    Oh iya Kebaya + Songket mu keren banget..tapi aku lebih jatuh hati sama songketnya..beli dimana sih say? aku suka sama warnanya yg ga merah yg kebiasaan org batak pake..
    Thanks ya jeng….

    1. Aduh senengnya blogku ini dibaca-baca hehehehehe.. Selamat ya bentar lagi mau merit, menyenangkan lho dalam mempersiapkan dan menjalani rumah tangga.. Untuk kebaya dan songketnya sebenernya sudah dibelikan mamaku, ga tau pulak aku dia beli dimana hehehehe.. Tapi untuk jahitnya semua di A Chin. Sebenernya untuk songket sekrang ga harus stuck dengan songket batak. Kain india pun keren lho, coba deh hunting2.. Sukses ya persiapannya.. Gbu..

      Ledy Simanjuntak

      1. Syalom,
        Mbak ledy ♏ªªǚǚǚ nanya donk brp lama wktnya utk pembuatan kebaya pengantinnya.Thanks🙂

  31. thanks ya ledy atas info yg aku dapat di blog kamu ini. kebetulan sekali aku juga lagi persiapan nikah.aku maunya simple tp mewah. aku nikah di medan desember yang akan datang. doain ya … trims,GBu

    1. Dear Astri,
      Wah kurang puas ya sama foto2 nikahanku.. Hmmm… nanti aku akan pasang untuk celebrate 3 tahun pernikahanku ya,, Tunggu di bulan desember kalo gitu hehehehe..

  32. Selamat malam Kak Ledy..

    Saya Husin, dari medan. Saya begitu antusias membaca blog Kak Ledy.
    Terutama itu mobil fiat antiknya. Pertengahan tahun depan saya akan merit di medan. Saya bermaksud meniru Kak Ledy dengan memakai fiat antik itu. Apakah Fiat teman kakak itu disewa dan bagaimana menghubungi yang empunya? Salam kenal kak. Smoga selalu sehat dan ceria.

    Mohon saya di email Kak.
    Calon saya dari Bandung dan saya dari Medan.
    madehusin@yahoo.com

    Terima kasih banyak,
    Husin

    1. Dear Husin,
      Untuk fiat yang kami pake kebetulan tidak disewakan, sin.. Kebetulan suamiku kenal baik denga yang punya mobil tersebut. Beliau memang kolektor mobil antik.. Aku ga tau apakah beliau mau menyewakan mobil tersebut.. Let me ask first,.

  33. hope u’re great,, dear..
    salam hangat yah, aku boru sagala,,interest ama blogmu kak,,
    mo nanyak dunks, klo untuk catering nya dimana yah? terus untuk wedding singernya ada gak kak?? baru pertama kali gugling ttg wedding dan untuk pertama kaliny juga curious ttg wedding,, hehe,, thanx yah kak buat responnya,, bakalan banyak nanyak ne setaun ke depan.. Gb

    1. Dear Dhe,
      Untuk catering makanan batak aku pake Pasaribu Catering.. I forgot the contact number, let me check first okay.. Untuk wedding singer, kebetulan teman dekat kami memang penyanyi lounge + kawinan, namanya Aldi and Friends 0811602595.

      Sorry for the late reply.. Happy preps..

  34. hai..hai, salam kenal, aku shanshan..
    nice blog say..

    aku rencananya mau nikahan desember 2012 ini, seneng banget baca blog kamu yang super duper lengkap, ga cuma budget di ulas habis, sampe CP nya juga ada.. wuihh, semoga sampe tahun 2012 ini, para CP ga ganti nomer ya…plus harga ga pada naik, heheheh ngarepp…

    mau tanya nih, dekor nya mau ga nge dekor di gedung kompetitor? aku kejauhan ke wisma marendal, sepertinya mau pakai wisma lain, tapi harga dekor kamu, ajib banget.. kira2 bakal mau ga yah?

    soal salon nih.. kamu di “sulap” brapa lama? mengingat desember adalah bulan penuh pesta di medan..jadi kuatir soal salon yang bakal rame penganten..takutnya telat ke acara..

    1. Hei Shanshan,
      Untuk dekorasi boleh aja dekor di gedung kompetitor kok.. Mudah2an harga ga naik, ya kalopun naik paling sedikit aja dan bisa ditawar kok..

      Untuk salon, aku disulap kurang lebih 2 jam. Datang pukul 5 pagi, jam 7 atau set 8 udah kelar kok.. Kalo bisa dtgnya jam set 5, Jangan mepet jam 5 karena make up artisnya perlu persiapan kurang lebih setengah jam untuk set up alat2 make up dan sanggul..

  35. Syalom Kak Ledy saya anna q kerja di medan..q da plan maw merried liburan school nanti,,,,tapi aq bingung kak ntar make up dan kebayaku seperti apa…dan pesta nya tu di siborong2 ,,,,dan q juga belum da persiapan,,,,nnnnd sebelum merried tu kak pa perlu mandi susu dulu ato luluran pengantin nnnnnnd q mau tanya banyak kak ne ,,,,persiapan sebelum merried tu pa ya kak?

    1. Hai Anna,
      Waktu aku merit, aku ga pake mandi susu atau spesial luluran pengantin kok. Suer, aku cuek banget untuk urusan yang satu itu hehehe… Yang penting rajin bersihkan muka, banyak minum air putih, dan jaga kesehatan aja.

      Persiapan sebelum merit yang pasti siapin baju pengantin hehehe, krn jgn sampe ga pake baju waktu merit nanti… Selalu mulai dari diri sendiri dulu dalam persiapan.. Trus jangan kerja sendirian, libatkan orang lain terutama keluarga untuk bantu. Have a nice prep..

      1. syalom
        thanks kk utk saranya o iya kk konfirm my facebook “AnnaMaria DewiSartika Tambunan”
        o iya kk mamaq bilang pengantin wanita batak tu mesti pake tusuk sanggul emas ya kk?

  36. siang mba’ ledy
    mba’ maniss bgt..
    saya mw tanya… di budi salaon itu bs didatangkan kerumah atau datang ke lokasi pesta kita (panggil kerumah gt) ?

    1. Sebaiknya kita yang datang ke Salon Budi karena mereka bisa lebih maksimal.. Untuk yang datang ke rumah saya ada nomor kontak make up artist namanya Fahry (0878.687.24841).. Silahkan dihubungi..

  37. Hei Kak Ledy,

    kebetulan saya ada rencana buat ke sebuah pernikahan, jadi saya searching2 di internet mode-mode kebaya untuk pengantin,,,eh ketemu deh dengan blog nya kak ledy, membantu sekali ya informasi nya buat kami kami yg ingin menikah ini. Pernikahan yg Simple, tapi Elegan dan gak menguras budget.tapi apakah memang benar untuk jahit kebayanya cuma kena biaya 3,9 juta,,,,karena dua orang temen ku ang baru aja nikah untuk jahit kebaya 1 aja kena 2 juta kak.

    1. Hai Dhesy, suer aku cuman 3,9 juta untuk jait semua kebaya itu.. Memang payetnya cukup, ga perlu yang semuanya di payet makanya bisa lebih murah.. Lain hal kalo memang mau berpayet semua, pasti akan lebih mahal..

  38. Syalom ka
    Mau nanya neh, benaran y harga kebaya bwt nikahnya cm. 1jt an, apa d t4 kk jahitkn kbyany d ada disediakan kaen. Klo ada kira2 brapa’n y ka
    τ♓λ∏ĸ γºů bwt info ny

    1. Hai Melva, untuk penjahit A Chin dia bisa sediakan bahan kok. 1 juta itu untuk biaya jahitnya say, diluar kebaya.. Tergantung jenis kebaya yang kita gunakan juga sih. Kalo Lace Perancis sudah pasti mahal. Gunakan yang sesuai budgetmu jadi bagusin di payet aja..

  39. hai kak, wah seru sekali mengikuti crita persiapan smpai acara pernikahan kakak, aku pengen jadi WO di acara pernikahan abang ku yg akan di laksanakan Juli tahun ini,, pengen mempersiapkan sematang yg kakak buat ini, heheh
    tapi agak susah mencari hal sedetail dengan harga terjangkau sprti ini kak di siantar,, kira2 ada usulan kak?? makasih🙂

  40. Hi Ledy,
    mau nanya donk…kira2 mobil fiatnya bisa di sewa buat wedding ga ya?!
    ato mungkin kamu ada info sewa mobil antik di medan…
    makasi

    1. Hai Mbak Ningsih, mobil fiatnya ga disewain say, punya koleksi pribadi temen suamiku.. Untuk mobil antik untuk sewa foto sptnya ga ada deh. Musti dari pertemanan atau klub mobil antik..

  41. hi..ledy aq christina boru tobing dr palembang,,,seneng nya liat blokmu yg membahas utk keprluan pernikahan,,,, jd bnyk ter inspirasi,,, klo boleh curhat dikit kmi menikah thn 21 des 2006 bersama suamiku yg asli org palembang dulu kmi meried dg alakadar nya hnya diberkati dan ucapan syukur kecil2an g ad pesta smua itu dikarenakan krna keuangan kmi yg tidak ada,,,, suami blm kerja,,,, dan sekarang kmi melewati proses demi proses hidup,kami memulai nya dr nol ,, bnyak berkat yg Thn berikan utk keluarga kmi suami udh kerja di Pu.Bina marga dan aq sdh membuka usaha jual beli di bidang hp.. dg buah kesabaran , ketaatan , kpd Thn akhir nya kmi diberikan oleh Thn Berkat yg bgitu luar biasa nya,,,, sehingga kmi mempunyai renana ingin mengadakan resepsi pernikahan sekalian pengesahan adat batak mksud nya mangadati gitu secara suami org palembang asli jd skalian buat marga dia juga…perasaan campur aduk…senang,bahagia,terharu jd satu akhir nya bsa juga merasakan duduk di pelaminan..hiks,,hiks,,,, jd hmpir sama repot nya sibuk urusan undangan,gedung,baju,salon, souvenir,sampe vidieo shooting…tp untung lah ad sist lady yg mau berbagi cerita ttg smuanya…mksh ya….atas motivasi nya “bukan mencari pesta yg mewah tp yg berkualitas sakral thdp momen nya… oh ia sist kmi skrg udh dikaruniai anak 2 org laki2 smua… yg pertama umur 6th yg ke 2 umur 1th …Sukacita yg Besar yg boleh kami Rasakan itu bkn krna kmi mampu tp smua karna kasih Thn,….. ” Mohon dukungan doa nya ya utk acara kmi tgl 03-11-2012 nanti smga acara kmi bsa berjalan dg lancar ,,,, thx for my sista utk sharing nya…maaf ya saya jd curhat…. klo boleh saya minta email fb nya…. biar kta bsa berteman…thx n Gbu always…..

    1. Hallo Christina,
      Wah senangnya dengerin curhat seperti ini.. Jadi ada inspirasi..
      Memang semua yang Tuhan atur itu tepat pada waktunya ya.. Meski dipandangan kita seperti terlambat, tetapi sebenarnya itu baik di mata Tuhan..

      Mudah2an acaranya lancar semua ya dan semua keluarga bahagia. Cari yang murah tetapi tetap bagus itu perjuangan dan tantangan. Setelah semuanya bisa kita lakukan dengan doa, pasti hasilnya akan sangat memuaskan. Yang penting saranku, jangan terlalu memusingkan hal-hal kecil, karena tidak ada yang sempurna.

      Tuhan berkati ya..

  42. Kk cantik…… aku boru purba, calon ku marga Simanjuntak Mardaup Moratano.
    Aku senang baca blog kk, pengen liat photonya lebih bnyk lagi…. Kami rencana nikah tahun depan, smoga smuanya lancar-lancar. Doain ya ka…

    @buat kk Christina : Sukses acaranya tanggal 03-11-2012 nanti yah… Jesus bless

    1. Hai Siboru Purba Dasuha (lengkap banget ya),
      Mau liat foto2nya lebih banyak lagi ya… Nanti kapan2 diulas lebih banyak lagi ya.. Hehehe..
      Selamat persiapan pernikahan, semoga lancar dan diberkati Tuhan pernikahannya.. Amin..

  43. Hi ledy, salam kenal:). Aku mau parepare buat merit. Tertarik banget dengan hasil salon dan foto weddingnya. Bisa minta no tlp keduanya? Thanx a lot ya:)

  44. Senangnya membaca artikel ini. Semoga pernikahan aku nanti benar-benar berkesan dengan semua proses yang harus kami jalani. Tinggal tunggu pasangannya aja nih dari Tuhan. hihihi…. dari tadi memang lagi searching gaun pengantin.😀 eh malah nemu artikel ini… Tuhan berkati keluarganya ya ka …..

  45. You really make it seem so easy with your presentation but I find
    this matter to be actually something which I think I would never understand.
    It seems too complicated and very broad for me.

    I’m looking forward for your next post, I will try to get the hang of it!

  46. Greetings from Ohio! I’m bored at work so I decided to check out your blog on my iphone during lunch break. I enjoy the information you provide here and can’t
    wait to take a look when I get home. I’m amazed at how fast your blog loaded on my phone .. I’m not even
    using WIFI, just 3G .. Anyways, wonderful blog!

  47. kak lady..aku juga jg lg kebingungan. Tgl 2 nov 2013 pestanya, sayang sekarang harganya sudah jauh berbeda ya…

    1. Saya ga pernah pake bekal kebaya perancis karena saya biasanya nambahin payet dan bekal kebaya di cutting sesuai dengan letak bunga yang saya inginkan. Sayang sekali kalo bekal kebaya perancis dipotong-potong mbak.. Beli aja yang semi perancis atau di bawah itu, yang penting cutting atau peletakan bungannya sesuai dengan bentuk tubuh..

  48. Hi kak Ledy..
    Syalom..
    Salam kenal kak. Aq Paula, warga Medan yg udh 4 tahun terdampar di jakarta.
    Kak, aq seneng deh baca blog kk..
    Kebetulan niy kak, 4 bulan lagi aq akan menikah di Medan (ortuku dan ortu cami tinggal di Medan)
    Boleh ndak ya kak aq nanya2 soal pernikahan disana?
    Makasi bnyk sebelumnya ya kak..🙂

  49. Halo Mb Ledy,

    tertarik banget ma pilihan mobil pengantinnya. Kira2 Pak Rusdi sewain mobilnya ga ya? Saya mau married tahun depan, pengennya pake mobil yg ga mainstream juga. hehehe… Ditunggu balasannya ya, mb.. bisa kirim ke emailku di rds_1588@yahoo.com

    Trimsih banyak, Tuhan memberkati.

  50. halo kak ledy, saya mei malini sihotang, kk mau tnya dunk,
    harga payetnya kk yang berapaan? soalnya di atas antara 300-2jt an, soalnya saya lg cari2 tempat jahit dan pengen buat payetnya versi puna kk….🙂
    tolong bantu ya kk……
    Tunah memberkati

  51. Horas eda awak, hehehe, opung boru dri bapak boru simanjuntak, jdi mar eda lah kita😀

    Aku rencana menikah tgl 6 desember ini kak, sama marga sarumaha, hehehe
    Pernkahan lintas pulau
    Tpi souvenir ku belum nemu juga, pengen nya gelas yg ada tulisannya, lihat online d jogja harganya ada yg 2800, tpi ongkos kirimnya mahalllllll
    Di medan malah paling murah dpt yg hrga 6000, beli 500pcs, tekor awak….
    Ada ide gak kak?

  52. Dear k’ledy
    Kk pnya rekomendasi salon pengantin batak dipekanbaru?
    Bln nov mo married ni, tp ga pnya relasi utk dtny, coq saya bkn domisili pku,
    Bg info ya kk. Thx
    Gbu.

  53. hai hai… gak kerasa ya.. sdh bertahun tahun yg lalu kita foto prewed dan weddning itu…. GBU ya ledy&denny and sheba also…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s