Kebaya Oh Kebaya

IMG_4829copy

Kebaya, salah satu inovasi yang dibuat orang-orang dulu, yang hingga kini dikembangkan menjadi jenis pakaian tradisional yang fenomenal.

Aku, pecinta kebaya, sampai saat ini mengagumi kebaya yang -apalagi- bertahtakan payet dan bordir. Kebaya dapat digunakan mulai dari acara non-formal bahkan formal sampai pernikahan.

Mendekati hari bersejarah dalam hidupku, tentunya aku mulai mencari model-model kebaya yang akan kugunakan untuk kebayaku nanti. Ada 3 kebaya yang rencananya akan kupakai, yakni acara Martumpol, Pemberkatan, dan Resepsi.

 

3 bahan kebaya sudah dibeli Mamaku di Jakarta. Untuk kebaya martumpol, aku sesuaikan dengan jas Bang Denny, coklat tua. Jalan tengahnya, aku ngambil bahan kebaya warna Peach. Aku terpaksa beli bahan bustier lagi, dengan warna yang agak terang supaya payet yang dipasangkan lebih menyala.310820091618

310820091619

Bahan kebaya ini sudah kumasukkan ke tukang jahit di Raden Saleh Dalam no. 21, namanya A Chin. Aku minta dia membuat model kebaya martumpolku seperti ini : CETAK MODEL KEBAYA MARTUMPOL 4Love this model, karena dia menutup leher yang jenjang dan dada. Bunga kebaya akan dikonsentrasikan banyak di bagian leher dan dada. Bunga kebaya yang besar juga akan ditempel di dua lengan, sedangkan bunga kecil di pergelangan tangan.

Mudah2an kebaya buatan A Chin bagus, sehingga aku bisa masukin kebaya buat pemberkatan dan resepsi di dia juga.

Kebaya Pemberkatanku akan memakai warna klasik yakni broken white. I love to be classic and back to basic, it will look eternally and timeless. Back to basic ini pun total, ga setengah-setengah. Mulai dari model kebaya sampe sanggul.

Model kebaya pemberkatan kurang lebih bentuknya konvensional, tapi tetap peletakan bunga kebaya diatur dengan apik supaya bisa merangkai bentuk tubuh. Aku naksir banget model kebaya pernikahan salah satu temanku di Metro TV, namanya Mitra Andriyanti yang baru2 ini menikah.

CETAK MODEL KEBAYA PEMBERKATAN 4Kebayanya klasik, meski ada sentuhan leher yang tinggi terkesan modern. Keren banget. Mungkin kerah kebayaku tidak akan setinggi punya Mitra, supaya bisa terlihat beda dengan kerah kebaya Martumpol dan Resepsi.

Empat jempol buat kebaya Mitra deh !! Aku masih mau cari tau Mitra jahit dimana, supaya bisa dijadikan referensi untuk saudara-saudaraku yang tinggal di Jakarta.

Selain model kerah, beda model kebaya Mitra dengan kebayaku akan terletak di penambahan aksen bordir di dada hingga kerah. Rencanaku, kebaya pemberkatan akan ditambah penegasan dengan bordir Emas/Gold, yang menjadi bingkai kebaya bagian atas. Ga hanya itu, panjang kebaya juga sampai selutut.

Mungkin sebagai penuntun, kebayaku akan seperti ini :

CETAK MODEL KEBAYA PEMBERKATAN 2CETAK MODEL KEBAYA PEMBERKATAN 1

Gabungan dua model kebaya inilah yang rencananya aku pakai di Pemberkatan nanti. Mudah-mudahan penjahitnya bisa merealisasikan keinginanku dan membuatnya menjadi bagus.

Last, kebaya resepsiku akan mengambil tema Orange Bronze, tapi ternyata Mama beli bahan kebaya warna Orange Peach. Jadinya, ga terlalu beda dengan kebaya Martumpol. Aku putuskan untuk memakai bahan yang Mama beli, dan tidak beli yang baru. I love u, ma.. Makasi ya!!

Mama beli kebaya resepsi yang sudah berpayet. Kebaya berpayet sebenernya dari sisi pengerjaan lebih sulit, karena penjahit akan lebih berhati-hati memotong kebaya karena takut merusak payetnya.

310820091629

310820091630
Payet Kebaya Resepsi

Rencananya, kebaya resepsi ini dibuat lebih modern dari kebaya Pemberkatan. Aku akan buat kerah tinggi memakai tulang untuk menghiasi tampilan kebaya keseluruhan.

courtesy : rendira.blogspot.com
courtesy : rendira.blogspot.com
courtesy: rendira.blogspot.com
courtesy: rendira.blogspot.com

Kerah kebaya Resepsi tidak akan kubuat terlalu tinggi. Model kerahnya percis dengan model dua kebaya ini, lebih menyerupai kerah empire. Bagian pinggang, aku ga akan pake ikat pinggang karena akan bertabrakan dengan aksen kerah, jadinya kebaya kehilangan fokus. Ditambah lagi, pinggulku besar jadi ikat pinggang akan menambah kesan ada kesenjangan antara pinggang dengan pinggul.

Mungkin bagian pinggang akan lebih condong ke kebaya sebelah kanan, daripada kiri. Aku tinggal menambah aksen pinggang dengan bros saja. Yuu..

SANGGUL + MAKE UP

Hingga kini, aku belum menentukan salon mana yang akan kupakai jasanya saat martumpol dan pemberkatan. Martumpolku akan berlangsung di Balige, notabene sebuah kota kecil yang hanya punya persediaan salon sedikit. Biasanya ibu-ibu dan calon pengantin di Balige menggunakan jasa Butet salon dan Ayu Salon. Aku harus jeli memilih dua salon itu, karena kalo salah make up dan sanggul, bisa dipastikan aku kaya badut dan ondel-ondel.

Rencananya model sanggul martumpolku simple aja. Sanggul yang cocok dengan kebayaku yang berlehel tinggi memang sanggul yang ditarik ke atas, supaya ga banyak yang nyangkut di leher kebaya.

 

courtersy by : noviarimuko.com
courtersy by : noviarimuko.com
Model sanggul martumpolku tp tanpa poni ya
Model sanggul martumpolku tp tanpa poni ya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Model sanggul ini yang kurasa cukup merepresentasikan keseluruhan style martumpolku. Ga ribet kok, soalnya kaya dicepol tinggi aja.

Sementara itu, untuk sanggul pemberkatan, aku akan gunakan model sanggul konvensional. Model tempo dulu, tapi ga lekang oleh waktu. Model sanggul ini juga menjadi permintaan calon ibu mertuaku.

 

courtesy of Suryaraka dan Jendela Photography
courtesy of Suryaraka dan Jendela Photography
courtesy of Suryaraka dan Jendela Photography
courtesy of Suryaraka dan Jendela Photography

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sanggul dan make-up seluruhnya dibuat oleh Suryaraka yang ada di Bandung. Sayangnya aku ga bisa pake jasa dia karena letak yang berjauhan. Asli, keren banget hasil karyanya. Sanggulnya rapi dan klasik, make-up bersih dan keliatan. Semuanya pas pada tempatnya. Untuk yang berdomisili di Bandung, aku rekomendasiin pake jasa make-up sama dia, pasti puas !!

Terakhir, untuk model sanggul resepsi, aku juga akan pake model Up Do, supaya ga nyangkut di kerah kebaya.

CETAK MAKE UP DAN SANGGUL RESEPSI 2Make up-nya juga kurang lebih seperti ini. Rencananya, untuk jasa make up di resepsi, aku pake vendor rekanan Puspita Sawargi. Selain make up pengantin, mereka juga handle make up untuk ibu-ibu pengantin, pagar ayu, dan penerima tamu. Mereka juga nyediakan busana dan aksesoris.

Mudah-mudahan semua sesuai dengan keinginanku. Aminnn…

So far, belum ada kebayaku yang jadi. Nanti kalo sudah ada hasilnya dariA Chin, aku akan langsung up load foto kebaya Martumpolku.. Mantap!!

Love ya lots,

Ledy Simanjuntak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17 thoughts on “Kebaya Oh Kebaya

  1. keren, keliatannya emang bakal bagus. saya sendiri gak terlalu suk kalo kerahnya terlalu tinggi. kadang orang comot san comot sini tapi malah jadi aneh, tapi yang ini malah bagus. kebaya sekarang udah modern sekali yah. salam kenal.

    – www . akbarfoto . com

    1. @Sherly: Sebenernya lebih bagus jangan terlalu banyak bunga di lengan.. Kalopun ada bunga kebayanya di lengan, jangan terlalu banyak, buat jarang-jarang aja.. Tapi menurutku lebih bagus dikasi tile aja, baru bunganya di bawah lengan.. Jadi ada kesan lengannya kurus.. Akupun lengannya besar, tp aku agak cuek masalah itu… hehe.. Selamat buat kebaya ya..

    1. sebenarnya kalo model kebaya tahun ini beragam, tapi intinya kebaya mulai bisa multi warna, dipadupadani dengan warna yang bertolak belakang.. Kunci utama di kebaya adalah di payet.. taburan payet yang tepat bisa mendongkrak kebaya yang cutting atau polanya biasa aja, jadi kebaya yang mewah dan terkesan mahal.. Aku usul, kebaya yang menurutku bagus kalo dia kembali seperti bentuk tradisional, tidak terlalu banyak aneh2 di beberapa sisi.. cukup buat yang sederhana dan tegaskan dengan payet Jepang, payet india atau sekalian Swaroski akan membuat kebaya jauh lebih cantik.. gambar2nya nanti aku tambah lagi di blogku ya.. Tunggu aja ya..

  2. Salam ledy. Terpaku saya dibuatnya bila nampak foto kebaya yang paling atas itu. Kamu dpt gambarnya dari mana? Ingin cari siapa orang yang buat baju seperti ini. Ingin sekali dipakai untuk acara persandingan saya nanti.

  3. gambar paling atas itu buatan desainer anne avantie, ledy ambil gambarnya di internet,.. harganya mahal sekali andinda, tapi kalo cari tukang jahit yang bagus, mungkin dia bisa buatkan kebaya spt buatan anne avantie..

    selamat mencoba ya..

  4. halo eda ledy, aku lg cari2 make up artist utk adat ku di dolok nagodang, porsea.
    menurut eda lebih ok mana, butet atau ayu salon? kalo bisa aku minta contact nya kedua salon ini yaaa. mauliate

  5. Salam kenal….aku Silva may Tanya brp ya jahit kebaya di a chin,iparku may nikah,rencananya mau jahit yg led blg di a chin!thanks GB

    1. Jahit di A Chin biayanya mulai 1 juta untuk kebaya + payet. Harga sebenarnya tergantung mewah payetnya, jadi tergantung budget kita juga.

Leave a Reply

