The Preparation

Gak terasa !!!! Bulan Desember tinggal 4 bulan lagi. Apa aja yang sudah kubuat ya? Aku ngerasa belum ngerjain apapun.

18 Desember tahun ini aku akan menikah di Medan dan resepsi bulan Januari 2010 di Jakarta. Sejauh ini yang sudah aku dan bang Denny lakukan adalah DP tempat pesta adat, survei undangan, survei catering + dekorasi resepsi, dan survei tukang jahit buat 3 kebayaku dan jas Bang Denny.

TEMPAT PERNIKAHAN

Rencananya, pemberkatan (pasu-pasu) akan berlangsung di HKBP Pengembangan Mamiyai karena Mama-nya Bang Denny sebagai Sintua di situ. Nah, yang seru waktu nyari gedung pesta adat. Cukup 1 hari saja untuk kami berdua survei gedung. Kami nyusurin mulai dari gedung dekat kosanku di Kampung Durian, Medan.

Gedung pertama yang kami datangi adalah Wisma Karunia. Dari jalan raya sebenernya ga begitu jauh, tp kesan pertama memang gak begitu sreg. Lapangan parkir cukup, tempat pesta adat dan nasional juga luas, penuh dengan jendela-jendela besar, jadi bisa dipastikan tidak pengap.

Namun, ada kekurangannya. Lokasi jalan yang kurang familier dan akses angkot agak jarang. Yang paling buat aku ga sreg adalah kondisi bangunannya yang kurang dirawat, jadi pastinya butuh dekorasi yang bisa nutupin kekurangan bangunan.

Kalo dari sisi harga, wisma Karunia terjangkau karena hanya 1,7 juta untuk lantai 1 dan 2. ( Contact Person : Mega 0813-7528-5958, 061 – 6636910)

Entrance W. Karunia
Entrance Wisma Karunia
Adat Wisma Kurnia
Lantai 1 Tempat Adat
Umum W.Karunia 2
Lantai 2 Ruang Nasional

Setelah itu, kami bergeser ke Gedung Taman Sari yang letaknya di Jalan Kapten Muslim, Medan. Kesan pertama lumayan bagus. Parkirannya luas dan rindang karena banyak pohon. Saat kami datang sedang ada pernikahan jadi ga bisa leluasa ngambil gambar.

Lantai untuk pesta adat luas, tapi untuk tamu nasional lebih kecil dibanding pesta adat. Jendela di samping kanan kiri gedung, jadi banyak angin alias adem. Setelah kita tanya harganya, BEUHHHH… langsung kita coret dari peredaran.. Mahal banget booo..

Lantai 1 untuk pesta adat saja sewanya 4 juta, kalo pake lantai 2 juga nambah 2,5 juta. Jadi total pengeluaran untuk sewa gedung Taman Sari tuh 6,5 juta. Gila, emangnya nikah ga pake dekorasi sama catering?? Bangkrut donk kite. (Contack Person : 061-8451803)

 

Lantai 1 tempat Pesta Adat
Lantai 1 tempat Pesta Adat
Lantai 2 Ruang Nasional
Lantai 2 Ruang Nasional

Usai dari Taman Sari, aku dan bang Denny sebenernya masih ada persediaan 2 gedung  lagi. Wisma Marindal dan Wisma Menteng. Kami dah ga semangat lagi ke Sopo Godang, yang sudah jadi langganan pesta adat Batak karena tanggal 18 dan 19 Desember 2009 dipastikan full.

Waktu sudah menunjukkan pukul setengah 5-an. Kami harap-harap cemas, takut wisma yang mau kunjungi tutup dan terpaksa menggelar survei hari ke-2.

Secepat kilat kami berusaha nyampe ke Wisma Marindal, di jalan Bajak no. 65. Gedung pesta baru di daerah Marindal, Medan. Jalan masuk ke arah gedung memang agak kecil, tapi ga jauh dari jalan utama. Pas masuk pagar wisma Marindal, WUIHHHH.. aku langsung suka.

Parkirannya luas banget, memang tidak serindang Taman Sari, tapi kurasa cukup untuk menampung banyak mobil. Ruang masuk juga lebih mewah dibanding 2 wisma sebelumnya. Terlihat sekali memang gedung Marindal ini masih baru, catnya masih putih bersih, lantainya masih baru. Semuanya masih tertata rapi.

Namun, semua keindahan itu ga langsung buat aku senang. Hargalah yang menjadi ketakutanku. Sewaktu kami nanya ke pemasarannya, ternyata harga SUPER DUPER MURAH. Hanya 1,3 juta rupiah, baik lantai 1 dan 2. Lantai 1 memuat 900 orang, sedangkan lantai 2 bisa muat 500 orang (duduk) 1000 orang (berdiri). (Contact Person : 061 – 77033230, 0812-642-8785)

Entrance Marindal
Entrance Wisma Marindal
Adat Marindal 2
Lantai 1 Tempat Pesta Adat

Adat Marindal 1
Lantai 1 Tempat Pesta Adat

 

 

Lantai 2 Ruang Nasional
Lantai 2 Ruang Nasional
Pelaminan Nasional Lantai 2
Pelaminan Nasional Lantai 2
Parkir Wisma Marindal
Parkir Wisma Marindal

Setelah berunding dengan masing-masing keluarga, kami sepakat pesta adat dilangsungkan di Wisma Marindal. Amiinnn.. Masalah gedung adat selesai !!!

Untuk gedung resepsi di Jakarta, orang tuaku sudah DP di Klub Eksekutif Persada Kemala, Halim Persada Kusuma. Konsepnya semi outdoor, ada kolam renangnya tapi juga ada ruangan indoornya. Harga sewa Persada Rp. 11 juta, dimana dekorasi bisa dimulai dari pukul 2 siang.

Acara resepsi sendiri akan digelar pukul 19.00 – 22.00 WIB. Jadi kebayang deh, keluarga dan semua undangan orang tua bakal nari-nari dan nyanyi-nyanyi. Can’t wait to see that moment.

DSC00044DSC00041DSC00042

 

CATERING + DEKORASI

Rencananya aku akan pake Puspita Sawargi Catering, pimpinan bu Lynda. Aku dah kontak-kontakan sama pihak Marketing Puspita Sawargi namanya Titin (081310021688). Nanti PS akan handle mulai dari catering, dekorasi (vendor : NS Decor), make up pengantin + ibu2 pengantin + pagar ayu + penerima tamu, sound system, MC, pengisi acara, dan foto video.

Pertama, mereka buka harga Rp. 95 juta, dan jujur, aku mau pingsan rasanya. Akhirnya aku nego dan minta mereka supaya rampingkan material sampe menjadi Rp.75 juta. Ternyata, PS kooperatif banget. Mudah2an hasil kerja mereka juga bagus. Dalam waktu dekat, aku minta Mama dan saudara2ku untuk test food catering mereka.

 

 

Dekorasi Entrance Puspita Sawargi
Dekorasi Entrance Puspita Sawargi

 

Dekorasi Buffet Puspita Sawargi
Dekorasi Buffet Puspita Sawargi

 

 

Dekorasi Pelaminan Puspita Sawargi
Dekorasi Pelaminan Puspita Sawargi

Untuk catering pesta adat di Medan, semua akan di-handle pihak Sitohang. Rencananya untuk catering, mereka pesan dari Pasaribu, sedangkan untuk nasi kotak undangan nasional rencananya kami mo pake jasa Nasi Kucing, deket Happy Puppy. Enak dan murah.

Sementara itu, aku juga akan usahakan cari vendor dekorasi yang murah untuk ruang nasional. Masih belum nentuin pake vendor apa, memang ada beberapa seperti Paulina Decor, Vista Decor tapi kayanya mereka agak mahal. Padahal dekorasi hanya simpe minimalis, jadi ga perlu yang heboh. Mudah-mudahan dapat florist yang tapi bisa bagus.

UNDANGAN

Selain itu, perihal lain yang musti kami lakukan di Medan adalah survei undangan adat dan resepsi. Referensi undangan kami lakukan ke Percetakan Bang Bara Hideung di jalan Sei Musi, Medan. Percetakan ini sudah sering mengerjakan undangan adat dan nasional. Rencananya undangan adat akan dicetak 1000 undangan, separuh untuk pihak Sitohang (paranak) dan separuh lagi untuk pihak Simanjuntak (parboru).

Sebenernya pihak Sitohang hanya butuh 350 undangan, dan Simanjuntak 250 undangan, jadi totalnya ada 600 undangan. Namun, undangan lebih murah kalo dicetak lebih dari 500 undangan, jadi mungkin lebih baik lebih daripada kurang kan.. Tapi aku akan koordinasikan lagi sama pihak percetakan supaya bisa mengakomodasi kebutuhan kami.

 

Kartu Undangan Adat Konvensional
Kartu Undangan Adat Konvensional
Kartu Undangan Adat Modern
Kartu Undangan Adat Modern

Untuk undangan parboru, latar belakang undangan adat akan memakai gambar Ulos. Setelah koordinasi dengan Opung Gia di Medan, aku membuat 3 rancangan cover untuk pesta adat.

Bagaimana nanti jadinya memang belum tau, karena kami harus datang lagi ke percetakan. Rencananya, undangan adat akan memakan biaya sekitar Rp.3000 – Rp. 3500 per undangan. Kata bang Denny lebih baik model Konvensional/Blangko aja, supaya lebih irit.

 

 

 

 

Sedangkan untuk undangan resepsi, kami sepakat untuk ngambil tema Back to Basic, dimana undangan itu ga ada foto, warna putih + Gold, pake amplop. Jadi sifatnya memang hanya informasi tapi tetap klasik. Biaya undangan resepsi ini kami estimasi Rp.5000/ undangan. Kami akan cetak sebanyak 500 undangan, mayoritas untuk undangan di Jakarta.

CETAK UNDANGAN 1daintycallalily_primary

JAHIT KEBAYA

Terakhir, aku survei tukang jahit di Medan. Sebenernya banyak tukang jahit di Medan ini, baik yang rumahan bahkan sampe butik. Tapi aku ada ketakutan tersendiri. Takutnya mahal dan ga sesuai sama budget.

Aku hunting 2 butik : Vie Belle yang ada di deket Poltabes Medan, dan Voila! yang ada di Setiabudi. Dari segi harga, dua butik ini bersaing. Vie Belle menawarkan upah jahit Rp. 500ribu, bordir Rp.350ribu, full payet Rp. 650ribu, bustier Rp.350 ribu. Total Rp. 1.850.000.

Sedangkan Voila! menawarkan upah jahit Rp. 350ribu, bordir Rp.250 ribu, full payet Rp.800 ribu + Swaroski Rp.200 ribu, bustier Rp.200 ribu. Totalnya 1.800.000.

Ada juga penjahit rumahan namanya A Chin (08136138666) )yang ada di Jl. Raden Saleh Dalam No. 21. Aku belum nanya harganya, tapi sepertinya lebih murah dibanding harga butik.

Akhirnya, untuk kebaya martumpol, aku jahit di A Chin. Waktu datang ke rumahnya, dia langsung tanya mau dibuat mewah apa standart. Aku milih standart dulu deh. Dia jeli banget liat keinginan kita. Dia tahu mau diletakin di mana aja bunga-bunga kebaya. Yang lebih penting adalah dia kooperatif dan pro aktif. Untuk sesi lengkap tentang kebaya, aku ulas di postingan terpisah.

So far, inilah yang sudah aku dan Bang Denny lakukan untuk mempersiapkan pernikahan kami 4 bulan lagi. Doakan semoga semuanya bisa selesai tepat waktu dan efektif efisien.

Love ya lots,

Ledy Simanjuntak

25

 

62 thoughts on “The Preparation

  1. pake model undangan q jg gpp koq
    desain modern tp harga klasik
    jatohnya sama aza sama undangan blangko

    selamat mempersiapkan ‘d great day’ y

  2. keren banget. gw ikutin terus tulisan kamu mengenai persiapan meried. jadi bahan referensi buat gw karena akan nikah juga di medan feb 2010. dari sekarang dah mulai hunting vendor. dll. btw, klo berkenan, saya mohon bantuannya untuk sharing mengenai harga. boleh tak? kirim ke email gw. pengen tau apakah kamu pernah survey harga di Paulina Florist? gw butuh untuk decor. kemudian untuk catering di medan pake vendor apa yang bagus? thanks ya. semoga semua persiapan pernikahan berjalan lancar. amin!

    1. Paulina Florist?? Hmm.. way up high darling.. Kayanya aku bakal vendor yang jauh lebih murah dari Paulina… Yang selevel sama Paulina aja seperti Vista mematok harga 7 juta untuk dekorasi pake bunga hidup, dan skitar 3 juta untuk bunga mati.. Aku lupa nama floristnya, yg pasti florist kecil rekanan gedung wisma marindal.. Harganya 1-1,5 jutaan tapi dah bagus kok, yg penting kita bimbing maunya seperti apa.. KAlo catering untuk makanan pesta adat kalo ga salah keluarga paranak pesan dari Pasaribu, daerah sukaramai. Untuk nasi kotaknya, kami masih survey tapi kemarin dapet nasi kotak Rp.10.000, depan kantor Ivory jalan S. Parman.. Selamat bersiap2 ya..

    1. Oke, buat Lina : Rencananya aku akan make Budi Salon di Jalan Teuku Umar, Medan.. Bang Budi, yang make-up pengantin ngasi harga Rp 1 juta untuk rias pengantin, dan per orang nambah RP. 250ribu. Kalo di Medan, banyak yang make Ana Sui di Setia Budi, tapi lebih mahal dia. Bang Budi sangat kooperatif kok, dan pengetahuannya di bidang make up dan hair do dah cukup lama. Untuk hasil make up dan hair do-nya tunggu di crita selanjutnya ya..

      1. hi kak…. aku mo tau gmn make up dr budi salon bagus g?
        soalnya oktoder nanti aku nikahnya d siantar, mhn infonya yah kak msh bingung nih mo pk ana shui medan atau yuni salon d siantar tp kwatir makeupnya g cocok. kl budi salon gmn kak?

  3. Salam kenal ledy,

    Seneng banget nemu websitemu, krn aku jg lagi mempersiapkan pernikahan akhir bulan April nanti. Boleh dong di share info2 seperti jahit kebaya dan jas pengantin di medan yang bagus tapi harga reasonable. Yang di Achin, ongkos jahit berapaan ya? Bagus ga hasilnya?
    Terus untuk make up and hairdo, kamu rencananya dimana?
    Makasih bgt loh buat infonya.

  4. Wahhh.. senangnya blogku makin ramai.. Makasi ya..

    Oke, buat Lina : Rencananya aku akan make Budi Salon di Jalan Teuku Umar, Medan.. Bang Budi, yang make-up pengantin ngasi harga Rp 1 juta untuk rias pengantin, dan per orang nambah RP. 250ribu. Kalo di Medan, banyak yang make Ana Sui di Setia Budi, tapi lebih mahal dia. Bang Budi sangat kooperatif kok, dan pengetahuannya di bidang make up dan hair do dah cukup lama. Untuk hasil make up dan hair do-nya tunggu di crita selanjutnya ya..

    @Emma: Hai Emma, senang juga kamu menemukanku.. Untuk tukang jahit, aku sangat beruntung karena aku dapat yang murah, tapi mewah dan mantap (menurutku lho). Untuk ongkos jahit, A Chin matok harga mulai Rp125 ribu – Rp. 200ribuan. Yang bikin mahal tentu aja payet dan cutting kebaya kita nanti.. Kebaya yang mewah dipatok Rp 1 juta, tapi yang mewah banget Rp 1,2 juta.. Jadi kaya aku yang buat 3 kebaya, sangat terbantu.. Banyak butik yang bagus di Medan tapi harganya diatas 2 jutaan semua. Untuk songket atau batik untuk bawahan, dia cuman matok Rp.125ribu. Kebetulan kebayaku belum jadi, jadi belum ada fotonya.. Sabar ya, dan pantau terus report aku di sini..

    Semoga sukses persiapannya ya teman-teman..

  5. sebelum nya saya ucapkan selamat moga2 acara nya nanti berjalan lancar sekalian mau tanya apakah sdh dapat tempat pebuatan undangan nya kalau blm saya mau menawarkan mungkin harga nya bs lebih murah hasil memuaskan, info 087881278775, 02198518037 tebet jakarta selatan untuk daerah jakarta sample nya bs diantar ke rumah anda, lihat2 hasil cetak ke facebook: percetakan karya abadi print.

    1. makasi penawarannya.. berhubung pernikahannya tinggal menghitung hari, undangannya sudah jadi.. hehehe.. makasi ya..

    1. tenang Dang.. Edisi lengkapnya wedding kami belum aku publish,masih dalam tahap penulisan.. sabar ya.. Pasti D’Studio jadi salah satu vendor yang paling aku promosikan.. hihihi..

  6. hi lady…..

    lam kenal yach…..secara qta sama2 batak..:) seneng bnget nemu website qmu..jd bhan referensi bwt aq yg mo nikah bln mei nie……
    saluuuuuut..info kaya gini nech bguz bnget..dmna bnyak para calon penganten pd kbngungan n btuh info……
    thanx ya buk……:)
    horazzzz

    dewi

  7. wah,selamat ya dewi, krn mo mendekati hari berbahagia itu..
    akupun membuat tulisan ini karena bingung ga ada satupun orang yang ngasi referensi lengkap mengenai vendor2 pernikahan di Medan.. So, mudah2an artikel ini cukup membantu ya.. Jbu

  8. rosa, kalo untuk model jas sebenernya tergantung selera pengantin cowo. ada model jas panjang, kancing dua, kancing empat, slim, dll.. itu musti tergantung dengan badan cowonya jg, spy bisa terkesan gagah tentunya.. jangan terlalu ngikutin trend krn tren itu hanya sesaat.. yg penting Style say.. selamat mencoba ya..

  9. Hi Ledy,

    aku uda baca blogmu beberapa kali, and sekarang aku lagi sibuk mempersiapkan pernikahanku dimedan. Rencananya martupol bulan Juli and menikah agustus . Kebetulan aku tinggal di jakarta. Aku baca, kamu gak ada input soal music ya ? Aku dengar ada sopo badragas and 7 star. tapi aku kesulitan untuk lamat dan nomor telfon mereka. trus gimana soal photo and vidio. D’studio. dimana ya ? and juga telfonnya.

    Untuk Jas pria bisa minta no telfonnya ? thankns ledy

    salam
    natalia

    1. Hi Natalia, apa kabar..
      Memang masih ada beberapa ulasan yg belum aku tambahkan disini terutama soal musik dan foto pas hari pernikahanku..
      Untuk musik nasional, aku make Aldi and Friends.. Kebetulan Aldi temen baik suamiku yang sering nyanyi di wedding di medan.. Kalo untuk musik batak, aku make Tonggo Sitohang musik.. Dulu Tonggo ini bareng sama saudaranya, Marsius Sitohang.. Tapi skrg mereka jalan sendiri2.. Keren banget mereka..

      Untuk foto wedding, pastinya kami pake D’Studio.. Yang punya soalnya masih saudara dari Simanjuntak.. Dan kebetulan suamiku juga bersahabat baik.. Aku sangat rekomend D’Studio mulai dari pre-wed sampai ke Wedding.. Mereka udah ngerti banget flow acara orang batak dan harga TERJANGKAU.. Kontak ke Kak Ina (081329085816) atau kantor D’Studio 061 8224707, atau datang aja ke Komp Ruko Setia Budi Point A10, Medan Sumut.. Happy wedding ya..

  10. salam…
    boleh tanya ngak …saya dr malaysia..mau nanya dimana tempat temp[ah kartu undangan yang murah ya di medan? untuk hard cover..
    tq

    1. halo Sity, kalo tempat kartu undangan sebenernya banyak di medan, tapi tempat aku buat undangan nikahku itu di Percetakan Bang Bara Hideung di Jalan Sei Musi, Medan.. Mereka sudah lama bergelut di bidang percetakan undangan dan harga yang mereka tawarkan terjangkau.. Cobalah Sity ke sana ya..

  11. Waa..mba..syukur bgt nemuin blog mba..jrg bgt yg info in soal wedding di medan, soalnya aq mo merid jg dimedan okt ini. Sebagian besar dah dpt, tapi buat foto n videonya belon dpt niy.. Kalo yg dirimu sebutin tadi, ngambil fotonya candid jg ga? maksudnya aq pengen yg ga cuma sekedar jepret2 tapi capture moment gt..jd dpt bgt momentnya lewat foto itu..hehe

    Sama buat kebaya, sejauh ini siy udah dpt tukang jahitnya, tapi masih aga krg sreg gt, masih pengen cari-cari lg..kalo yg mba sebutin tadi, memuaskan ga hasilnya? Oiya, tempat beli sepatu di petisah di sebelah mananya ya? Trims bgt buat infonya🙂

    m3i .. “bride to be yg lg bingung..@_@”

    1. kalo buat Foto dan Video aku pake D’Studio. Bisa kontak ke Kak Ina (081329085816) atau kantor D’Studio 061 8224707, atau datang aja ke Komp Ruko Setia Budi Point A10, Medan. Pre-wedku mereka yang pegang, pas hari H mereka yg pegang juga.. Mereka dah ngerti gemana capture moment yang bagus.. Keren lah pokoknya, biasanya mereka banyak paket yang ditawarkan, jadi lumayan bisa milih harga..
      Video mereka juga yang sediakan..

      Coba kontak aja ya..

      Kalo kebaya aku udah sreg di penjahit namanya A Chin.. Kalo sepatu aku ga smpt jalan ke petisah krn udah keburu beli di butik..

  12. Intinya habis berapa kak untuk semua hal diatas … ??? klo untuk perkiraan undangan 2000 orang di wisma taman sari ??? tolong kak … kakak kan dah pengalaman . Masi nabung untuk nikah nich .. tp ga tau target nilai yg jelas hiks.

    1. kalo di taman sari tentu sangat mahal ya.. bayangin di Wisma Marindal harga sewa gedung 2 lantai cuma 1,3 juta sedangkan di wisma taman sari hampir 6 jt.. belum makanan lho itu.. Makanan untuk jambar bisa abis 30 jutaan untuk 1000-1500 orang, kalo untuk nasional aku pake nasi kotak Rp. 10.000/kotak.. undangan nasionalku 500 orang.

      Jadi makanan kurang lebih 35 jutaan. Dekorasi 1,3 juta, undangan nikah untuk adat dan nasional 5 jutaan, salon 2 jutaan (untukku dan keluargaku)..

      Nah itung aja kalo kamu mo undang lebih banyak orang dan pake gedung yang lebih mahal, pasti makin berat di kantong kan.. hehehe

      mending sesuaikan dengan budget dan jangan lelah cari vendor yang murah dengan kualitas yang baik.. maksimalkan di makanan aja menurutku, krn orang batak sangat memperhatikan makanan + bir + kacang dan cemilan lainnya..

  13. syaloom ka ledy…..
    seneng bgt deh pas ketemu blognya ini. bener2 ngebantu bgt ka…
    oh ia aku suka bgt ama foo pre wed nya. itu dri D’studio ya ka?
    tp kok pas wi liat nama2 photographernya bda2. ada andi lubus ama ifon.

    1. Kalo yang foto pre-wed aku kebetulan banyak fotografernya say, krn kebetulan temen2 mmg profesinya fotografer hehehe.. tp ada yg D’Studio kok.. Ngeditnya di D’studio juga kebetulan..

  14. HalloLedy…salam kenal aku juga br Simanjuntak mardaup, aku udah married 13 thn yg lalu tapi belum diadati…cuma resepsi aja, jadi aku masih berhutang nih judulna. Aku rencananya mau ambil marga buat suami sekaligus diadati (permintaan mama). Rencananya sih pertengahan taon depan deh…tapi belum tau mau di buat di Jakarta apa di Medan…..Suami n anak2ku belum pernah ke Medan sih…secara keluarga kebanyakan di Jakarta. Boleh dong infonya kira2 kalo di Medan itu bisa habis dana berapa ya? dari mulai urusan ambil marga sampe selesai urusan adat…pokoke udah semua termasuk gedung, catering, etc…btw masih perlu sinamot nggak ya???

    1. kurasa untuk di medan bisa abis dana sampe 50 juta say.. tergantung kita juga kan yg milih2 vendornya.. Kalo sinamot ga tau juga, bisa jadi pake lagi lho krn kan memang sinamot itu bagian dari adat yang sangat penting..

  15. Buat musik bataknya pake Tonggo Sihotang ya? baguskah? Tarifnya berapa ya? Boleh minta nomer telponnya? Thx ya

    1. Bukan Sihotang tapi Sitohang.. Tarifnya waktu itu 1,5 juta.. Nomor tlpnya ada di mertuaku.. Nanti ya..

      1. @ Ledy : Ok d..aq tunggu nomernya..trims yaa..🙂

        @ Ka Wida : sedikit share aja ka. Mamaku jg gt, malah parahnya baru ngadatin karna aq mo merid pake adat jg. Sedangkan anak ga boleh nerima adat kalo ortunya belon diadatin. Ditambah bokap jg dah meninggal lama. Jadi mamaku baru aja diadatin brpa bulan kmrn. Untuk buat marganya, aq krg tau tapi kalo soal ngadatin itu, berdasarkan pengalaman aq kmrn siy, intinya sbnrnya ga perlu ribet-ribet, dilakukan secara sederhana jg bisa. Cukup mengundang parhata adat, tulang2 ama dongan tubu gt. Kecuali kalau mau dilakuin besar-besaran seperti yg dibilang ledy, tergantung vendor yg dipilih. Yg pasti kalo soal makanan (makanan batak khususnya) pasti lebih murah di medan drpda di jkt. Kalo mamaku krmn siy udah ga pake sinamot lg. Moga infonya berguna ya🙂

  16. Salam kenal kak..
    Wah,seneng bgt bs baca blog kk, br x ini baca blog yg super duper komplit,sgt mbantu loh kak.
    Oia kak,pgn bgt nanya2 soal kebaya,soalny kl Tuhan brkehendak bln 11 ato 1 aku mo merit. Tp g tau mo dijahitkan dmn. di tmpt A chin bgs ga kak? Plis donk kak kl ada wkt posting soal kebaya n foto2 kebaya kk.. Bingung bgt ne,soalny baju pengantin itu plg pntg jg kan,namanya jg jd pusat prhatian,hehe..
    btw,utk jas pria nya dijahitkan dmn kak? Kebetulan aku n calonku bkn org mdn jd bnr2 no idea. Thanks a lot y kak..

    1. di tempat A Chin aja Grace.. Bagus kok menurutku.. Sesuai dengan ulasanku di tulisan ini dan tulisan judulnya The Wedding Party soal A Chin.. Kalo postingan foto kebaya sudah ada kok gambar2nya di tulisanku ini.. Kalo memang kurang, bisa add aku di Facebook : Ledy Simanjuntak atau eydie_juntak@yahoo.com

      Di situ ada folder kawinan dan tunangan, jadi bisa liat model kebaya yang aku pake.. Biasa aja sih tp cukup memuaskan buatku..
      Nanti kalo aku ada rencana mo buat kebaya lagi, aku posting lagi deh ya..

      Btw, kalo untuk jas, jahit aja di pusat industri kecil di Menteng, Medan.. Di situ banyak banget tukang jahit yang bagus-bagus.. Selamat mempersiapkan pernikahan..

  17. ka,aku di Jkt,,mau acaranya di medan..klo mau psen gedungnya di medan hrus setaun sbelumnya, 6 bulan sbelumnya atau brp bulan sbelumny??
    Repot jg y ngurusnya klo jauh gini..

    1. Tergantung gedung apa yang mau kamu booking.. kalo yang sudah sangat sering seperti Sopo Godang, Taman Sari dan Gorga mungkin harus 6 bulan sebelumnya, tp kalo yg gak terlalu terkenal bisa 3 bulan sebelumnya kok..

  18. salam kenal ito…aku jg uda pesan di wisma marindal u pesta adat n resepsi nya u tgl 14Jan2011…kren bgt to…lt 1&2 cm kena 1.5jt…murah abis
    tp aku bth info ne ito…kira2 dimana ya u jahit jas, foto n video serta musik adat n resepsi
    yg super duper muraaahhhnya bis dana terbatas to
    thnx bt info yg ito beri

    1. jahit jas di PIK daerah menteng, foto dan video dengan D’Studio di Setiabudi Square, musik adat dengan Tonggo Musik, musik nasional dengan aldi n’friends.. semua bisa di nego kok harganya..

  19. halo kak🙂 mau nanya nih.. kebetulan aku nikahnya bln november 2011 ini.. lg bingung myari band ato musik utk resepsi. aku baca dr blog kakak, pake Aldi & friends ya? boleh tau alamat ato nomor contact personnya gk kak? kalo bisa skalian price list nya dong😀 Thx.

    1. Halo Christin, untuk nomor kontak Aldi sang vokalis silahkan menghubungi di 0811602595. Price listnya langsung aja tanya sama Aldi ya say.. Gbu

  20. aloo iban, saya mau nikah bulan 11 tahun 2011 ini di medan dengan br simanjuntak hutabulu
    boleh tahu no telp aldi n friends itu
    klo A chin itu di Jl Teuku umar dekat mana ya?
    dekorasinya murah iban, pake jasa dekor dari mana? ada contact nya ga
    makasih bantuannya🙂

    1. Hai bob, congrats ya bentar lagi mau nikah. No tlp aldi sang vokalis 0811602595. Kalo achin bukan di teuku umat melainkan raden saleh. Yang di jalan teuku umar itu adalah Budi Salon. No tlp dekorasinya ada kok di ulasanku tentang weddingku di judul The Wedding Party. Coba aja cek ya Bob,, Gbu

  21. hai kak ledy,

    senang deh bs baca blog kakak, rencana kamui jg akan menikah di Medan bln Mei 2012. Apkah kak ledy ada option lain selain ketiga gedung yg kak ledy publish? aku akan menikah dengan adat batak di medan. Ada info kah kak Gedung sperti Dhanapala (di Jkt) utk di medan?🙂 terimakasih kak…

  22. mbak, mau nanya tempat jahit kebaya a chin dimana y mbak?
    kalok buat kebaya wisuda bisa gk dijahit disana
    makasih y mbak

  23. SALAM ITO….boleh nompang promosi gk ???
    hahahaha…aq punya usaha vendor dekorasi..
    baru buka sich..tpi hasilnya memuaskan kok.
    klau ada temen yg mw share ttg masalah wedding kontak aq ya.
    harga mulai dari 1,5 jt keatas..full dekor la ito.
    cp : 081396993384 Saya lgsung yg dekor
    thanks ya ito..

  24. hai kak… aq minta alamt lengkap butik Vie Belle dan Voila… skalian sm no yg bs dihubungi untuk masing-masing butik ny y kak… tq kak

  25. Salam kenal mbq ledy…
    mbaq, tlg info lah untuk no. hp Pasaribu untuk catering….
    trus penjahit A chin.. soalnya nomornya kurang tu…
    sama wisma2 di medan, soalnya taman sari n marindal sdh full….
    gorga ada nomornya g y??

  26. teman awak nih denny..tinggal dimana skrng tok..dulu awak sering nongkrong ama appara aku yuda panjaitan di warkop kumis..kwkwkwk…bagus juga nih blog nya utk nikah dana di maksimalkan, tengkiu ya tok..ada info ngga untuk vendor di siantar…?

  27. halo kak ledy, bersyukur banget bs dapat banyak info wedding preparation dari mbak. rencananya saya akan menikan dibulan 5 2015 mbak (aminn..). saya mau tanya mbak, toko cincin pernikahan yang bagus dan murah dimana ya mbak dimedan?

  28. dear Ledy,
    mo bertanya..no telp wisma marindal yg terbaru brp yaa..apakah Ledy msh punya..kebetulan adek mo nikah..no telp diatas aq coba2 ga bsa😦..
    terimakasih..

  29. Hi kk ledy, maaf ganggu. Aku boleh minta contact person taman sari yg lain gak kak? 😘
    Soalny nomor yg diatas gak diangkat2 udh seminggu aku coba. Hehe. Thx ya kk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s