… Hidrotubasi, Nyeri-nyeri Gemana Gitu ..

Posted on Updated on

Hello Semuanya,

Hari ini adalah hari yang spesial buat aku. Cukup spesial karena aku menjalani satu tahapan dari kehidupanku sebagai calon Ibu. Memang si jabang bayi belum muncul, tapi aku yakin dia tidak akan lama lagi akan meramaikan keluarga besar Sitohang dan Simanjuntak. Aminnn…

Di awal tahun ini aku berjanji pada diriku sendiri – dengan persetujuan Bang Denny tentunya – untuk melanjutkan program pregnancy yang sempat tertunda tahun lalu.  Sebelumnya aku berobat ke dokter fertilisasi, dr Binarwan Halim yang terletak di jalan Pandu/Pemuda. Karena alasan biaya program yang cukup mahal, kami berdua sepakat menunda sampe awal tahun 2011.

Sebenernya selain dr Binarwan, pihak keluarga Sitohang sempat merekomendasikan 1 nama dokter  yakni dr Irwanto Phen yang pernah mengurus Tek Yum (namboru Bang Denny) yang “kosong” selama hampir 9 tahun. Tek Yum ternyata berhasil hamil setelah di”pegang” dokter Irwanto. Akhirnya dengan rekomendasi itu, aku ambil keputusan get second opinion ke dr Irwanto.

Pertemuan pertama, posisi rahimku di USG dan sekalian bibir rahim untuk cek HPV. Kata dokter, aku tidak ada masalah. Sangat berbeda dengan diagnosis dr Binarwan yang mengatakan sel telurku kecil-kecil yang menjadikan aku tidak subur. Selain itu bibir rahimku harus dites HPV dulu untuk menghindari kemungkinan virus penyebab kanker.

Jujur aku bingung dengan 2 diagnosa dokter yang berbeda. Padahal dr Irwanto ini terbilang senior Obgyn di Medan lho. Karena namboru bang Denny kenal dekat dengan dr Irwanto, akhirnya pertemuan pertama kami tidak dikenakan biaya alias gratis bow. Puji Tuhan, setidaknya bisa berhemat.

Kebetulan beberapa hari kemudian aku haid, jadi belum bisa diambil tindakan dokter. Dokter hanya bilang minggu depan harus datang lagi untuk ngecek sperm bang Denny. Seminggu kemudian kami balik kesana dan sperm bang Denny dinyatakan bagus, tidak ada masalah. Aku bersyukur banget. Dokter langsung rekomendasikan aku hidrotubasi alias rahimku dipompa.

Langsung aku search di google apa itu hidrotubasi. Hidrotubasi adalah proses memasukkan cairan (Kanamycin 1 gram, deksametason 5 mg, dan antipasmodik cair) ke dalam rahim dengan alat hidrotubator untuk menilai kelancaran masuknya cairan di saluran tuba. Hidrotubasi ini adalah tahapan awal sebelum inseminasi. Tapi bukan berarti setiap pasien yang menjalani hidrotubasi akan inseminasi, karena biasanya pasien yang mengalami penyumbatan setelah di hidrotubasi langsung bisa hamil, tanpa perlu insem.

Hidrotubasi umumnya dilakukan wanita yang sudah menikah setahun tapi belum memiliki anak, sedangkan inseminasi biasanya dilakukan wanita menikah yang sudah lima tahun tidak memiliki anak.

Alat hidrotubator ini seperti suntikan bermuncung panjang seperti selang. Selang ini diisi cairan dan dimasukkan melalui miss V, kemudian tembus melalui bibir rahim, melewati saluran leher rahim dan rongga rahim, dan menuju ke saluran tuba. Bila cairan bisa melewati jalur tadi dengan baik dan sampai ke tuba falopi dengan baik, berarti tidak ada penyumbatan.  Namun bila cairan keluar lagi, berarti ada yang tersumbat.

Sumbatan tuba falopi ini sendiri dibagi menjadi 3 bagian yakni sumbatan rendah yakni keadaan 2 tuba falopi baik, sumbatan sedang atau salah satu tuba tersumbat,  sumbatan agak tinggi dimana kedua tuba tersumbat tapi masih bisa diobati, dan sumbatan tinggi dimana saluran tuba mampet dan sulit diobati.

Dokter menyarankan aku secepatnya di hidrotubasi setelah haid bersih. Jadilah hari ini aku dirujuk ke RSIA Stella Maris di Multatuli Medan. Rumah sakitnya cozy banget. Kebetulan dr Irwanto pemegang saham terbesar juga di rumah sakit itu jadi dia merujuk kesana. Aku disarankan datang pukul 9 pagi. Aku ajak inang mertuaku dan namboruku. Bang Denny juga terpaksa ijin masuk setengah hari untuk nemenin.

Jam 10 akhirnya dokter datang, lengkap dengan pakaian operasinya. Hidrotubasi ini memang dilakukan di ruang bedah. Aku juga disuruh pake baju khusus untuk pasien yang mo operasi. Aku ga ada deg-degan sama sekali, mungkin karena pernah menjalani operasi usus buntu tahun 2008 jadi ruang operasi bukan ancaman. Justru aku paling seru ketika 6-7 orang yang terdiri dari suster dan dokter sibuk ngurusin aku, kaya diperhatiin aja gitu. Hehehe..

Aku dibius total untuk menghindari trauma pasien saat tindakan. Hidrotubasi sendiri tidak memakan waktu lama, paling 15-30 menit paling lama, tergantung tingkat penyumbatan. Tidak lama aku bisa mendengar sayup-sayup suara dan aku liat Bang Denny duduk di sebelah aku. Seperti obat biusnya sudah mulai hilang. Seiring bius menghilang, nyeri di perut mulai terasa. Percis seperti haid hari pertama.

Aduh paling males ngerasain nyeri begini, belum lagi ditambah mual akibat bius. Untung aku puasa tadi malam, jadi ga gitu banyak muntahnya. Karena masih pusing banget, aku disuruh tidur lagi. Masih terasa ada cairan yang keluar melalui miss V, mungkin antibiotiknya masih banyak yang tersisa di dalam makanya masih nyeri.

Setelah sadar, aku diperbolehkan pulang. Cairan antibiotik lama-lama berkurang digantikan darah seperti darah haid. Meskipun sudah sadar tapi efek obat bius ini masih membuatku pengen tidur lebih lama lagi. Akhirnya setelah pulang ke rumah jam 2 siang, aku tidur sampe jam setengah 7 malam. Puassss banget..

Dokter meminta aku datang lagi ke prakteknya di Jalan Sumatera, Medan untuk membahas hasil hidrotubasi hari ini. Sampe sekarang jadinya aku belum tau apakah memang aku ada penyumbatan atau tidak. Mudah-mudahan tidak ada yang aneh-aneh ya.. Please God..

Beginilah perjuangan calon mamak-mamak yang pengen punya momongan. Memang perlu usaha dan uang ekstra, tapi aku yakin ini memang rencana Tuhan buat aku dan Bang Denny. Tak perlu dibawa stress, tak perlu dibawa sedih, justru aku sangat menikmatinya. Aku sangat senang menjalani ini semua karena aku jadi lebih mengerti proses medis yang kulalui dan bisa membantu calon ibu lainnya. Aku berdoa semoga tahapan Hidrotubasi ini bisa membuahkan hasil positif. Tapi apapun rencana Tuhan, aku terima lapang dada. Yang penting selalu berpikir positif dan dibawa enjoy. Yang ga enjoy cuman pas bayar aja sih.. hahaha..

Puji Tuhan, dr Irwanto sangat baik sama kami. Thanks buat Namboru Niar yang selalu menemani berobat, sehingga dokter mau kasih diskon 50 persen. Umumnya biaya hidrotubasi mencapai 2 juta, tapi aku cuma bayar 1 juta. Lumayan kan diskonnya.. Hehehe.. Semogalah berujung baik usaha kami ini..

Doakan aku dan Bang Denny ya.. Bless you all..

Ledy Simanjuntak

51 thoughts on “… Hidrotubasi, Nyeri-nyeri Gemana Gitu ..

    Rini said:
    February 9, 2011 at 2:41 pm

    TetAp semangat y kak, semoga apa yg dijalani membuahkan hasil seperti yg diharapkan. Saya jg pernah menjalani rangkaian proses seperti yg pernah kak ledy jalani krn saya jg pasien dr binarwAn, optimis aja dan terus berdoa. Krn saya jg lm hamil, tp skrg setelah hamPir 3 tahun

      Ledy Simanjuntak responded:
      February 10, 2011 at 6:05 am

      Oh ya? Sekarang lagi tahap apa sama dokter binarwan.. aku sebenernya ga enak sama dia krn absen ke sana, tapi gpplah.. namanya mencari yang terbaik.. Diagnosa Binarwan, Rini kena apa? Sharing ya..

    Anies anggara said:
    February 28, 2011 at 4:53 am

    Allow, salam kenal. Kbtulan nnti sore saya ada rencana hidrotubasi dgn dsog sy yg skrg. Sy dan suami sdh 4 th nikah dan dith k2 prnh prgrm dan stlh hsg ( hslny baik) sy hmil tp kguguran, awal th llu sy prgrm d dr lain tp trnyt dimnta u/ inseminasi, tp akhrny kita ga nerusin dan vakum k dr slm 1 th. Nah awal th ini kita mlai prgrm lg di bln k3 prgrm (hr ini) sy dmnta hidrotubasi, tp dari hsl baca2 banyakan stlhnya ngrsa skit dan bleeding. Klo boleh tau sbrapa sakit trus brp lama skitnya dan bleedingnya brp hr? Maap ya nanya panjang2. :)

      Ledy Simanjuntak responded:
      February 28, 2011 at 5:34 am

      Sakitnya cuman berasa sehari aja kok mba, percis kaya haid hari pertama. Trus bleedingnya mungkin 2-3 hari aja dan ga berasa sakit setelah itu. Sekarang aja aku ga kerasa kaya hidrotubasi, krn tidak ada yang berubah banyak. Mksdnya ga ada efek samping. Kalo memang direkomendasi hidrotubasi, coba aja mba.. Sapa tau ada sumbatan di rahim, apalagi mba pernah keguguran kan. Mudah2an abis hidro langsung hamil ya. Lucunya saya smpe sekarang belom haid, tapi ga tau deh hamil apa enggak. Kata dokter, kalo sampe 3 bulan belum hamil juga, mungkin diperiksa lanjutan. Selamat berusaha ya mba..

    age said:
    March 3, 2011 at 7:21 am

    semangat ya mb…….tetap berjuang

      Ledy Simanjuntak responded:
      April 7, 2011 at 8:59 am

      Makasi ya

    maya said:
    April 4, 2011 at 10:09 am

    hallo sist, salam kenal….kebetulan malam ini aku jg akan “ditiup”, makanya cari2 info di google ttg hidrotubasi….
    gmn nih skrg udh hamil? mudah2an cepat isi ya..?
    Biayax mahal juga ya? di tempat praktek dokter saya (di samarinda-Kaltim) cuman Rp.800rb…..kebetulan aku udh di HSG hasilnya ada penyumbatan di leher rahim..(katanya sih kassus saya agak langka, karena kebanyakan kasus peyumbatan di saluran rahim..makanya disuruh dr ditiup…. Mudah2an malam ini prosesnya lancar….n gak sakit2 amat….

      Ledy Simanjuntak responded:
      April 7, 2011 at 9:01 am

      Belum tau nih hamil atau tidak. Mudah2anlah ada pertanda baik setelah hidrotubasi ini ya.. Aku ga tau kenapa di Medan agak mahal, mungkin tergantung rumah sakit dan dokter kali ya.. Gemana hasil hidronya? Sakitnya sebentar kok. Paling agak oyong krn diinfus.. Semoga maya juga langsung punya anak ya.. Amin..

      nina said:
      March 16, 2012 at 3:08 am

      halo salam kenal…
      sya nina di samarinda… mba maya hidroturbasi di dokter mana? biayanya brp? sebaiknya HSG dulu atau Hidroturbai dulu??

    dewi lestari simanjuntak said:
    April 7, 2011 at 8:17 am

    halo kak ledy, aku jg boru simanjuntak. kak, bisa japri? kakak aku, tinggal di medan,mungkin bisa sharing program baby. please send me sms ke 0811814289.

    untuk hidrotubasi, Dsog ku jg nyaranin untuk hidrotubasi, tp karena aku sudah punya anak 1, dan sdg program anak 2, jd aga2 serem dgn tindakan ini.

      Ledy Simanjuntak responded:
      April 7, 2011 at 9:03 am

      hidro terbilang aman kok.. jangan takut.. kalo memang ada yg tersumbat lebih bagus sekarang ketahuan kan, biar bisa pnya anak lagi.. Email aku aja ya di eydie_juntak@yahoo.com, nanti aku kasih tau no hpku.. Thnks GBU..

    dewi lestari simanjuntak said:
    April 7, 2011 at 11:11 am

    ok..
    aku udah email ya.. please check :)

    lieza said:
    April 11, 2011 at 3:37 pm

    Salam kenal. ^ 1 bulan yg lalu aku HSG dan ternyt ada penyumbatan. cuma yang aku heran ko’ dokterku tidak menyarankan aku untuk Hidrotubasi ya… malah langsung disuruh bayi tabung… bayangkan jadi Shock 2 kalikan…

      Ledy Simanjuntak responded:
      April 12, 2011 at 2:56 am

      wah, mata duitan bener ya dokternya.. harusnya dia menganjurkan hidrotubasi dulu donk, apalagi memang betul ada penyumbatan.. coba aja kamu get second opinion ke dokter lain.. biasanya dokter yang lebih tua lebih wise..

    Suci said:
    July 14, 2011 at 1:01 pm

    Slm knal mbk Ledy….tmn sperjuangan..
    Q 4 thn lbih brumh tngga,1 thn yg lalu jg mnjalani hydrotubasi. Stlh tu vakum hmpir 1thnan ndk kontrol lgi k dokter,mklum da msa jenuh kdang mnghantui. rentan wktu tu kmi coba k alternatif,hasil 0. Bulan kmrn balik k DrSpOG lgi,hsil tiup dlu bgus. Lalu d liat mulut rahim,kondsi baik jg. Akhirnya pihak suami tdi test sperma ulang,krn dlu hsilnya 17.000.000. ini mnunggu hasil nya…deg”an.
    Gmn tuk mbk ledy skrng…?
    M’f jdi curhat pnjang lebar. Ni posisi kmi d pacitan.

      Ledy Simanjuntak responded:
      September 19, 2012 at 10:09 am

      Hai mbak Suci, gemana hasilnya udah hamil belum?
      Saya juga belum hamil.. Tapi diusahakan tahun ini juga.. Amin..

    kadal99 said:
    July 25, 2011 at 12:08 pm

    halo mbak, apa sudah hamil?
    ini istri mau coba jg soalnya, thx

      Ledy Simanjuntak responded:
      September 19, 2012 at 10:08 am

      Saya belum hamil juga mas karena masalah saya ternyata bukan di rahim tapi sel telur yang sulit matang.. sekarang lagi terapi obat selama 3 bulan..

    yustin said:
    January 14, 2012 at 2:41 am

    Syaloom… Lam kenal mbk Ledy
    Wah, boleh diblang kita seperjuangan ntuk jadi mak mak ya… Heheeh
    Aku juga lagi jlananin Hidrotubasi ne, tpi baru yg 1, jadi masih 2x lgi..
    Sbelumnya, aku di HSG trus kta dokter salurannya mnyempit krn ada inveksi. Trus disarankan Hidrotubasi selama 3 bulan berturut – turut setelah haid bersih.
    Klo mbk Ledy byarnya 1 jt (stlah dpat disck 50 %) itu ntuk brapa kali Hidro mbak? Sbab, kata dokter Hidronya min 2 – 3x. Klo aku, byarnya Rp 450rbu sekali Hidro. Dan lgi, g plu ke kmar operasi. Ckup di ruang dokter itu aja di RSB. Gunung Sawo Semarang.
    Karena aku g dibius, jdinya terasa sakit bgt. Sampe aku g sadar. Tpi kata dr. Lilien Eka Chandra, bulan depan aku harus dibius karena aku g kuat. Menurut beliau, ada pasien yg dibius ada juga yg tidak..
    Semoga rasa sakit ini, mendapatkan hasil yg sangat diharapkan.. Tuhan Yesus tau yg terbaik buat setiap anak – anak yg berharap padaNYA… Amiiin
    Oh iya, Mbk Ledy dah hamil ?

      Ledy Simanjuntak responded:
      September 19, 2012 at 10:04 am

      Halo mbak Yustin,
      Setelah pengobatan hidrotubasi saya belum hamil juga mbak karena masalah saya bukan di rahim tetapi di sel telur yang tidak matang karena saya kena PCO. Jd sekarang lagi pengobatan obat dulu, kalo ga berhasil juga nnti sel telur saya dimatangkan supaya pecah dan bisa siap dibuahi..

      Intinya sih sebenarnya kenali penyebab kita sulit hamil itu apa. Kalo memang hidrotubasi ga berhasil, mngkin ada penyebab lain kan.. Saya hidro 1 juta untuk 1 kali saja. Skrg udah ga pernah hidro lagi krn memang bukan itu masalahnya kata dokter. Saya balik lagi ke dokter saya yang lama karena feeling saya sama dokter Binarwan yang skrg saya bisa hamil..

      Tetap berdoa dan berserah ya mbak Yustin.. Tuhan berkati selalu..

      Diny Mayasari said:
      December 14, 2013 at 9:26 am

      Mb Yustin,,,salam kenal…maaf menyimak balasan anda ini…karena saya sangat membutuhkan informasi tentang promil di gunung sawo…mohon bantuannya mbak….apakah sekarang mb Yustin sudah dikaruniai buah hati?
      Trimakasih…balasan mb yustin sangat saya harapkan

    Desy said:
    September 19, 2012 at 12:49 am

    Salam kenal mbk yedi…
    Mbk saia mw tanya. Apa kah hidrotubasi itu hanya untk penyumbatan?
    Karena saia p’nh mengalami hamil d luar kandungan dan indung telur saia d angkat. Skrng indung telur saia tinggal 1 dan itupun posisi’na miring jd sulit sekali hamil. Apa kah kira2 dg hidrotubasi itu bs? Mohon petunjuk’na…
    Terimakasih sblm’na.,

      Ledy Simanjuntak responded:
      September 19, 2012 at 9:28 am

      Halo Mbak Desy,
      Sepengetahuan saya hidrotubasi untuk mengetahui penyumbatan di rahim dan bukan untuk membetulkan posisi indung telur.. Karena hidrotubasi itu dengan memasukkan cairan ke dalam rahim dan membersihkannya.

      Saran saya bila kondisi indung telur ibu letaknya miring, coba ke dokter khusus fertilisasi, bisa dengan cara inseminasi atau bayi tabung. Demikian saran saya..

    olyne said:
    September 22, 2012 at 3:47 am

    hl eda slm knl,
    sy jg tinggal dimedan n sm2 lagi berjuang pgn by baby.dl smpt jd pasiennya binarwan tp nyerah krn biaya.trus eda skrng prog sm dokter sp,msh sm irwanto y.aku msh usaha scr alami smbil ngumpulin dana lg.keep rock on girl…ttp smgt y

    Sefrida Purba said:
    September 28, 2012 at 7:19 pm

    kag, gmana perkembangannya? masih ke Binarwan halim ? gk da niatan tuk insem ?? Bless u.

    esti said:
    October 1, 2012 at 6:57 am

    salam kenal semua,,seneng bgd share disini,ternyata banyak yg pnya case sama yah..:)kemarin saya habis hidrotubasi,alhamdulillah ga sakit sama sekali,malah stengah jam setelah proses,saya sudah bsa duduk,ga pusing,ga mual..saya sendiri juga bingung knpa bgitu?pdhal sblum proses saya googling,katanya sakiiit bgd sampe pingsan segala…
    ini saya sedang menunggu hasil hidroturbasinya,semoga berhasill….

    dhitakoesno said:
    October 25, 2012 at 6:38 am

    Hy Leddy yang cantik,
    Mau tanya dunks kebetulan saya juga akan di hydro hari Senin besok..Apa sblm Hydro harus puasa dulu? kok dokter Spog saya ga nyaranin puasa ya? apa stlh di hydro harus istirahat atau blh langsung beraktifitas? thx for your answer, semoga usaha dan keinginan kuat untuk memiliki buah hati segera terwujud yaa.. Amin

      Ledy Simanjuntak responded:
      October 28, 2012 at 3:54 am

      Iya mbak Dhita harus puasa dulu.. Setelah jam 10 malam atau 12 malam (lupa) sudah stop makan sampe waktunya operasi.. Istirahat 1 hari setelah hidro setelah itu sudah bisa beraktifitas. Sakitnya seperti nyeri haid aja kok.. Semoga usahanya lancar dan mendapat rejeki ya..

        Rid said:
        November 6, 2012 at 4:31 am

        Hai Lady, salam kenal ya. Klo brobat sama dr. Binarwan biaya nya mahal gak? proses tahapan yang dijalani pertama gimana?share ya …

    mely said:
    October 30, 2012 at 10:08 am

    Halow ledy, salam kenal. Saya juga punya case yang sama dengan ledy. Sel telur yang tidak matang, kemungkinan besar krn saya obes. Saya sudah 3 tahun naek 20 kg juga kerena diberi obat2an hormon. Mau kurusan juga susah. Setelah saya ke penang, dr. nya malah2 marah2 krn menurut beliau untuk sel telur yang tidak matang sebaiknya hindari obat2an oral. apalagi penyubur seperti overtil, profertil, jangka panjangnya bisa kanker ovarium, setidaknya itu informasi dari beberapa dr. Inseminasi adalah solusi, mungkin lakukan sekali, tepat guna krn dengan suntikan saja langsung induksi ke sel telur. Mudah2an bisa manfaat ya, saya juga lagi mau bangkit usaha lagi, sudah lewat masa2 jenuh dan nabung2 nya. Semangattt !!!

    jc mom said:
    November 26, 2012 at 10:14 am

    Hi…. led…udah gmna programnya sma dr.bin? Aq jga program dsana kmren.n udah banyak dokter kyna doi mank perpanjangan tangan tuhan banget bwt aq. Saran aq si g usah pindah2 lg say..n iya dieriusin aja k binarwan.dokternya baik,pinter n mau nego harga jga… mskpn.agak.cerewet,tp orgnya asik koq.malah dr sekian bnyk pasien dy bsa inget nama aq.ky temen jdnya,g ky dokter2 lain yg ky ada *batasan antara dokter n pasien*ni aq udah pnya 2 baby sjak program ksana.ni mw program lg bt yg k3 , mw nyari cowo….jd program lg d 22nya ma suami.kmu sukses jga ya led,gud luck for u both…..

      vhie_vhie said:
      February 16, 2013 at 7:08 am

      hi jc mom..
      saya mau mencoba program ke dr binarwan juga kak.
      kalo boleh minta email atau ym nya kak, saya mau tanya2 info seputar program di dr binarwan.
      Thx ya kak.

    vidya said:
    January 29, 2013 at 7:22 am

    siang mba..
    aku juga di saranin sama dokter q buat hidro tapi ko kasusnya sama q juga PCO..
    kalau di hidro apa ga jadi 2 kali pengobatan..
    tapi aku di kasih obat buat gedein sel telurnya pas nnt datang bulan..

    Nita said:
    March 5, 2013 at 2:45 pm

    Halo eda, aq jg ma dr.binarwan dblg pco, ktny kalo mau cpt insem,krn aq crita da srg makan profertil dan sodara2nya. Tp skrg lg brenti ke dokter. Eda gmn kbrny da berhasilkah?

      Ledy Simanjuntak responded:
      September 15, 2013 at 10:06 am

      aku da hamil 3 bulan skrg, tapi ga menjalani pengobatan apapun.. mungkin memang sudah rejekinya..

    Theresia Manalu said:
    March 31, 2013 at 3:49 pm

    Hi kak,,slm knal yahh :-)
    Trus kak skrng gmn, da isi belum?

    purnama harianja said:
    April 27, 2013 at 4:14 pm

    Hallo ledy,senang rasanya ktmu blog ini,jd bsa sharing apa yg kta alami.bln lalu aku test HSG dan hasilnya trnyta kedua saluran tubaku tersumbat (non patent) rasanya sedih bgt bgt tw hsilnya,smpt nanya ke sodara yg kebetulan dokter dsruh utk diatermi dlu slma 10x.bru2 ini smpt ke dokter binarwan jg tp saran nya mlh bikin aku stress krn pilihan nya cma 2,operasi laparoskopi atau bayi tabung,yg dgr kta operasi aja udh bkin aku takut apalagi bayi tabung kan biayanya mahal bgt.akhrnya aku ngikutin saran sodara aja utk diatermi,udh 2x diatermi ni,doain ya tmn2 smoga brhsl dan saluran yg tersumbat bsa kebuka,tetap semangat ya tmn2 smua,krn bagi Tuhan tak ada yg mustahil :)

    santi said:
    September 3, 2013 at 3:52 pm

    pagi tadi pun aku habis hidrotrubasi…sakitnya macam datang haid…biayayanya 1jt….semoga ada hasilnya..aminnn

      Ledy Simanjuntak responded:
      September 10, 2013 at 3:18 am

      Amin, semoga berhasil ya Santi..

    desti said:
    September 15, 2013 at 8:40 am

    Gmn hasilnya?

      Ledy Simanjuntak responded:
      September 15, 2013 at 10:05 am

      hidrotubasi sebenarnya sudah lama skali kujalani, tapi Puji Tuhan sekarang sudah hamil 3 bulan tanpa menjalani pengobatan apapun.. yg penting kita dan sami rajin makan buah terutama strawberry, pear dan kiwi untuk detoksifikasi dan membuat rahim dingin.. silakan dicoba..

        Diny Mayasari said:
        December 14, 2013 at 9:31 am

        Mb Ledy selamat….akhirnya hamil juga..menjadi inspirasi…saya sedang mengumpulkan segenap keberanian saya untuk melanjutkan promil…mohon share nya…

        Ledy Simanjuntak responded:
        February 25, 2014 at 6:37 am

        Trima kasih ya mbak Dini.. Jangan pantang menyerah, waktunya Tuhan beda sama waktunya kita memang. Tetap berdoa dan enjoy your life..

    Elina said:
    September 16, 2013 at 12:21 am

    Mba Ledy.. Salamkenal sy ein dr samarinda.. mba, selamat y ud hamil 3 bulan,, sy mau tnya, sblm hamil 3 bulan lalu, trkhir mba berobat ke dokter kapan? trus bs hamilnya kenapa? dikasih obat2an gitu atau gimana

      Ledy Simanjuntak responded:
      February 25, 2014 at 6:42 am

      Sebelum hamil, saya tidak ada berobat sama sekali. Semua terjadi natural dan alami. Resepnya adalah: Suami rajin minum kopi hitam (jangan kopi sachet ya), harus kopi hitam. Trus rajin makan strawberry dan kiwi.

      Untuk perempuan, rajin makan buah pear supaya peranakan dingin dan sesekali saya makan strawberry juga. Terapi ini kami lakukan karena teman kami ada yang rajin makan strawberry di usianya yang sudah kepala 4 dan hamil kembali untuk anak kedua..

      Selamat mencoba..

    nn said:
    September 26, 2013 at 3:17 am

    wah, selamat ya ledy, akhirnya hamil juga. kalau sdh punya anak umur 4th (lahir 4 juli 2009), setahun sebelum memutuskan hamil lagi aku lepas spiral (awal tahun 2012). awal tahun ini (januari 2013) aku hamil ternyata belum rejeki karena ga turun ke rahim alias diluar kandungan. setelah operasi KET (februari 2013) dokter saranin utk hidrotubasi, karena perlengketan itulah yg dianggap penyebab sel telur yg sdh dibuahi ga bisa turun ke rahim. karena masih trauma baru kemarin 24 sept 13 aku jalani hidrotubasi. jam 22.30 masuk kamar, aku dibius total jadi ga berasa sakit. jam 23.30 keluar kamar tp masih fly gitu. besok paginya aku sudah ngantor lagi. mudah2an segera hamil anak ke-2 karena umurku sdh 33th sekarang, amin.

    helen said:
    December 13, 2013 at 2:48 am

    Hi ledy, slm kenal ya
    Q n suami Ɩǎgȋ̊ program ni ∂ï dr.binarwan, sdh brjl 2 bln, trnyat salurn falopi sebelh kann q non patent, Ƭa̲̅Þï binarwan G̲̣̣̣̥ nyarann aq hidrotubasi, dy mnt q laparoskopi ato bayi tabung. Menurut km gmn led?? Kasi saran donk. Usia prnikahan q sdh 3 thn . Oh ya selamat ya buat kehamilan km. Mg sehat selalu smpe prsalinan.

      Ledy Simanjuntak responded:
      February 25, 2014 at 6:37 am

      Gemana hasilnya Mbak Helen?

    sarah said:
    July 14, 2014 at 4:40 am

    Haii kaq ledy…salam knl…aq sarah 26thn, dri kota pematang siantar..^_^ cuma skrg sjak nikah aq ikutan suami yg tgs nya di makassar… jauhhh nii,, cm mudah2an sptmber pling lama uda pndh tgs dri sini…qt mnta kedaerah sumut biar bs promil.. krn uda 2thn nii kaq aq nikah tp blm ada anak jg.. kmren sempat priksa di dkter spog makassar nii ktax ga da mslh sprti kista, kanker gt…cm sel telur aq kcl2 kaq kta dkter nya(pco). Sempat mkn obat kaq slama 4 bln, cm aq stop krn ga ada tanda2…sdkit pts asa laa kaq.. lagian smnjk aq mkn obat blesifen, profertil, sama ada bbrp lg tu kaq lupa aq nmax, yg ada malahh haid quw ga teratur kaq.. biasa nya siklus 32-35hri, smnjk mkn obat aq tu haid bs smpai 2bln skali..n bb naikk kaq..huuuaahh…stress x laa kaq. Quw stop sjak februari aq ga mkn obat lg kk. Nah skrg aq mulai pengeen lg buat promil yg di medan. Ktax dr.binarwan itu bgs ya kaq? Gmn sih program dri dkter itu kaq? Klo utk suami yg misalx di cek ada mslh jg gmn kk? Kk ttg kopi hitam itu yg gmn yaa.. yg dijual di pajak gt yaa kaq.? Maaf bgt nii bnyk tnya awaq kaq…hehehhehe..abiss uda pengenn bgt kaq..mhon infonya yaa kk, thanx so much…^_^

    defri said:
    August 18, 2014 at 4:49 am

    gabung dunk..hehehe..info nya sangat bermanfaat ne..selamat pada mba ledy, udah lahiran kah srg..insyaallah aq minggu dpn hidro nya..apapun rasa nya, ikhlas aja nama nya perjuangan..hehe

      Ledy Simanjuntak responded:
      August 18, 2014 at 4:54 am

      Sama2 mbak defri.. apapun hasil hidronya semoga bisa wujudkan jd calon ibu segera ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s