.. Favorite Home Furniture ..

I’m Back..

Dari kemarin sepertinya aku lagi seneng membahas tentang desain interior ya. Kalo tadi aku bahas mengenai bagian dari rumah impian, sekarang aku ingin membahas bagian yang belum terjamah, lebih tepatnya aku ingin memperjelas furnitur-furnitur favoritku secara random.

Pembatas Ruangan / Room Dividers

Di rumah impian chapter 1 aku sempat singgung kalo aku ingin ruang tamu dan ruang keluarga tidak terpisah jauh. Kalo pun harus dipisah, aku akan menggunakan separator atau pemisah ruangan. Pemisah ruangan ini bentuknya bisa bermacam-macam. Bisa berbentuk tirai, rak, fiber atau bahkan bisa meja. Aku sangat menghindari pemisah ruangan berupa dinding dan karena tidak portable, berbahaya, dan menghalangi pemandangan.

Lemari Pakaian (Wardrobe)

Lemari untuk anak-anak yang memiliki corak pasti semakin membuat anak-anak semangat untuk nyimpan barang di lemari. Seringkali lemari bentuknya standar, jadi tidak disukai anak-anak.

Selain untuk anak-anak, lemari untuk kamar tamu dan kamar utama juga lebih suka yang polos, tidak terlalu banyak ukiran. Bila ada walk in closet memang lemari di kamar utama tidak terlalu dibutuhkan, tetapi bila tidak ada walk-in-closet, lemari besar yang memiliki klasifikasi wardrobe dengan baik patut dijadikan referensi. Ada juga lemari besar yang diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Bentuknya memang agak besar dan memiliki dimensi seperti dinding. Very chic and sleek.

Smart Storage

Tiap rumah seharusnya mulai menerapkan sistem smart storage. Pemanfaatan segala ruang yang mubazir menjadi tempat penyimpanan yang efektif dan multifungsi. Ada barang-barang standar yang bisa diaplikasikan menjadi smart storage, tetapi ada juga furniture khusus yang didesain untuk menjadi smart storage. Smart storage yang umum adalah berbentuk rak, tapi penempatan rak yang tepat akan menjadikannya efektif.

Meja (Dining Table, Coffee Table, Desk)

Meja adalah elemen penting di dalam rumah. Aku sangat suka meja multifungsi. Tidak hanya bisa untuk meletakkan barang tetapi juga untuk penyimpanan barang. Remember, smart storage !!

Kursi, Bangku, Sofa, Kursi Bar

Model kursi jaman sekarang sudah sangat bervariasi, mulai dari model klasik, kontemporer, sampai modern. Aku tetap lebih tertarik pada model kontemporer dan minimalis karena lebih hemat tempat, nyaman dan efisien. Yang paling menarik perhatianku adalah kursi multifungsi yang bisa menyimpan barang ataupun menjadi tempat tidur. Sayang, kursi dengan karya seni seperti ini tidak murah.

baby rocker for sleeping, resting and sitting

Wastafel

Aku suka mengamati bentuk-bentuk wastafel. Berdasarkan rumah impian, wastafel akan banyak mengambil peranan karena akan ada dalam setiap kamar mandi. Di kamar mandi utama, wastafel akan dilengkapi dengan rak menyimpan barang-barang di toilet. Modelnya simple dan dilengkapi lampu penerang serta cermin.

Sedangkan untuk wastafel di kamar mandi tengah akan beraksen natural, mungkin terbuat dari batu atau material yang berbau alam lainnya.

Untuk wastafel di kamar mandi tamu akan lebih simpel lagi. Tetap akan dilengkapi dengan cermin dan rak sederhana.

Bila masih ada tempat untuk wastafel di tengah ruangan, kayanya aku akan buat yang kecil dan sederhana aja seperti rak kecil dan kaca.

Toilet

Toilet dibagi menjadi 2 jenis, ada toilet duduk dan toilet jongkok. Sebagian besar kamar mandi rumah akan diisi toilet duduk + flush. Sedangkan untuk toilet belakang akan pake toilet jongkok. Yang pasti toliet harus dekat dengan sumber air, makanya lebih baik dekat dengan bak atau diberi toilet shower sendiri.

Ada beberapa model toilet duduk yang keren banget, simple and sexy. Bahkan ada yang disatukan dengan wastafel. Ga tau deh di Indonesia ada merk yang jual ga. Kalopun ada, harganya ga mungkin murah. Ya, namanya berharap.. Ga bayar kan?! Hehe

Shower

Bentuk-bentuk shower adalah salah satu karya seni yang tidak pernah mendapat perhatian di dalam rumah. Bentuknya sering kali standar banget. Aku malah suka yang artistik dan unik. Shower sendiri ada yang portable dan ada yang tidak. Untuk kamar mandi utama, shower akan akan berjenis cool rain shower.

Sedangkan ada shower yang portable (biasanya disebut handheld shower), yang dapat dipindahkan dari tempatnya.

Kamar mandi yang menggunakan shower tentu saja membutuhkan cube atau cabin sendiri untuk menghindari keluarnya air saat mandi. Biasanya material cube terbuat dari kaca bening, kaca buram, tirai, atau menggunakan penahan air. Untuk kamar mandi utama, aku akan buat shower cube dari kaca bening.

 

Sementara itu, untuk shower di kamar mandi tengah akan menggunakan kaca juga dan bernuansa alam. Penggunaan material lebih banyak menggunakan batu dan warna gelap.

 

Selain kamar mandi utama dan kamar mandi ruang keluarga, shower juga berlaku di kamar mandi tamu dan kamar mandi luar. Dua kamar mandi ini terbilang kecil jadi shower tidak memakai penutup.  Mungkin hanya pakai pembatas dengan semen atau penutup dari akrilik.

Lampu

Jenis lampu ada 4 yakni lampu gantung (baik yang menempel di langit-langit maupun yang murni gantung), lampu dinding, lampu meja dan lampu lantai. Ketiganya dibutuhkan di dalam rumah berdasarkan ruangan dan penempatan. Untuk ruang keluarga enaknya memakai lampu lantai (floor lamp) supaya kelihatan lebih modern. Lampu lantai ini cukup satu buah saja di ruang keluarga. Lampu lantai ini haruslah memiliki bentuk yang tegas, unik dan kontras.

Sedangkan lampu di ruang makan sebaiknya lampu gantung. Kalo lampunya kecil, berarti gunakan banyak, tapi kalo wattnya besar lampunya cukup sedikit.

Terakhir lampu taman juga jadi penarik utama. Betapa tidak? Setiap masuk ke dalam rumah, kita pasti lewat taman depan. Di dalam pun ada taman belakang, jadi memang butuh lampu yang membuat suasana sweet and romantic.

Selanjutnya adalah jenis lampu dinding. Biasanya lampu dinding digunakan untuk menghiasi foto dinding keluarga. Tapi sebenernya fungsinya ga hanya itu lho. Lampu dinding juga bisa menambah seni dalam rumah. Biasanya diletakkan di taman, pintu masuk, kamar, dan ruang keluarga.

Dan yang terakhir adalah lampu meja. Lampu meja umumnya memiliki model klasik. Bila sebagian besar konsep rumah bergaya minimalis kontemporer, lampu meja klasik modern sepertinya akan menambah hangat sebuah rumah.

Cermin

Furniture cermin jaman sekarang ternyata tidak hanya berfungsi untuk ngaca, tetapi juga penghias rumah. Cermin biasanya diletakkan di kamar mandi, kamar tidur, dan ruang keluarga. Selain itu, cermin bisa ditempatkan di entrance dan ruang tamu. Gunakan cermin unik sehingga catchy dilihat para tamu. (pics from digsdigs.com, mirror by Rifleshi)

Pintu

Dulu, setiap pergi ke ACE Hardware atau ke tempat hardware lainnya, aku selalu suka berlama-lama di section gagang pintu. Ntah kenapa aku baru puas kalo aku sudah megang gagang pintu yang unik dan minimalis. Aku langsung membayangkan bentuk pintu lengkap dengan desain gagang pintu rumah impianku.

Untuk pintu masuk dan pintu kamar, aku ingin pintu kayu dengan desain klasik with a modern twist.

Entrance Door Handle

Sedangkan untuk pintu menuju taman belakang, aku lebih suka pake transparant sliding door.

Sementara itu, pintu di kamar utama menuju walk in closet juga memerlukan sliding door namun tidak transparan.

Penghias Dinding

Penghias dinding di sini bukan berarti wallpaper melainkan hiasan yang menggantung di dinding dan memiliki fungsi. Dalam situs interior desain favoritku Digsdigs.com, ada gantungan dindingan yang sangat fungsional untuk menyimpan barang. Baik itu majalah, stasioneri, ataupun yang lainnya.  Sepertinya furniture ini musti tempah sendiri.

Selain itu, sistem panel dinding juga ternyata sangat baik bila diterapkan menjadi rak TV di ruang keluarga. Kita bisa menentukan sendiri bentuk wall panel system-nya dan merancang rak dalam wall panel system tersebut..

Nah, itu tadi furniture-furniture favoritku. Semoga ada yang jual dan harganya terjangkau ya. Tidak perlu sama percis, yang penting konsepnya jelas. Semoga jadi inspirasi buat kalian juga ya. Bless you..

Ledy Simanjuntak

About these ads

11 thoughts on “.. Favorite Home Furniture ..

  1. Bagus-bagus sih, cuma susah juga kalo mau dibikin dari kayu (jati). karena semuanya kayae bisa dibuat pakai bahan plywood.
    jadi ga tahan lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s